728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 6 October 2016

    Cara Membuat Spoiler di Forum Garena PBID


    Spoiler mungkin bukan kata yang asing bagi sutau forum online, salah satunya adalah forum Garena. Untuk mengetahui lebih lanjut cara membuat spoiler di forum garena, ada baiknya mengenal dulu tentang spoiler. Forum berbeda dengan sosial media karena pengguna bisa post banyak hal secara langsung dan yang mengakses terbatas, kecuali di setting dapat dilihat publik. Post dan thread adalah dua hal inti dari forum, sedangkan spoiler merupakan bagian dari keduanya yang berwujud tag. Tujuan dari spoiler adalah menyembunyikan apa yang dipost oleh pengguna. Ada banyak alasan mengapa harus disembunyikan teks, gambar, link, atau video tersebut.

    Cara Membuat Spoiler di Forum Garena dengan Mudah



    1 ) Code dalam forum

    Code pada forum memang jarang digunakan oleh pengguna pemula. Pengenalan code merupakan basic dari cara membuat spoiler di forum garena. Ketika ingin membalas post atau thread ada pilihan untuk beralih memode code ini. Code dimulai dari [] lalu ditutup dengan [/]. Masing-masing memiliki simbol angka tersendiri. Misal untuk menebalkan huruf maka penulisannya seperti ini [b] huruf yang ditulis [/b]. Sedangkan untuk spoiler maka penulisannya [spoiler=judul] isi spoiler [/spoiler]. Isi dari spoiler dapat berupa apapun selama terakomodasi oleh kode tersebut.

    2 ) Spoiler text

    Cara membuat spoiler di forum garena selanjutnya adalah membuat spoiler berjenis teks. Tujuannya adalah untuk membatasi jumlah kalimat yang ditampilkan sehingga pengguna lain harus klik spoiler untuk keterangan lebih lanjut. Judul spoiler bisa apa saja karena hanya memberikan identitas yang tertulis pada button. Contoh penulisan spiler teks adalah [spoiler=contoh] isi dari spoiler yang akan ditampilkan [/spoiler]. Kode dari spoiler juga bisa ditambahkan dengan yang lain untuk menambah estetika dari teks tersebut. Misal penambahan teks miring sehingga kodenya [spoiler=contoh][i] ini spoiler berteks miring [/i][/spoiler]. Hasilnya seperti ini “ini spoiler berteks miring”. Tentu saja pengguna harus klik spoiler button untuk melihatnya.

    3 ) Image

    Tujuan dari spoiler adalah menyembunyikan gambar. Spoiler sangat cocok untuk mengurangi bandwidth karena menghindari loading image berlebihan. Pengguna yang tidak klik spoiler tidak akan mendapatkan gambar yang dimaksud. Spoiler juga dapat untuk menyembunyikan gambar yang dirasa sensitif bagi pengguna. Cara membuat spoiler di forum garena untuk image adalah mirip dengan teks hanya ditambahkan kode khusus untuk gambar. Sebelum membuat spoiler, upload terlebih dahulu gambar yang diinginkan lalu copy url dimana gambar tersebut tersimpan. Contoh: [spoiler=gambar] [img]http:www.abcs.com [/img] [/spoiler]. Jadi cara kerjanya sederhana. Pengguna upload image lalu post melalui spoiler. Ketika ada yang ingin melihat, gambar akan loading dengan sendiri seperti mengetik url di browser address.

    4 ) Video

    Untuk video prosesnya sama dengan gambar yaitu menempatkan url dimana video tersebut tersimpan. Yang perlu diperhatikan saat menempatkan video adalah situs penyimpanannya. Ada banyak website untuk sharing video tetapi yang memberikan akses ke url video tersebut secara langsung sangat jarang. Pastikan di belakang url video terdapat format file seperti mp4, flv,m4v dan sebagainya.


    Tiga hal di atas adalah yang umum dijumpai oleh para pengguna forum. Untuk upload gambar dengan kapasitas besar, pengguna bisa memanfaatkan layanan pihak ketiga. Artinya tidak secara langsung upload ke forum. Pengguna harus memastikan gambar yang di upload adalah legal dan tidak mengundang konflik dari pihak manapun. Semua cara membuat spoiler di forum garena dapat dipahami dengan mudah serta diperluas dengan modifikasi-modifikasi yang sesuai dengan kebutuhan.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cara Membuat Spoiler di Forum Garena PBID Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top