728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 19 June 2016

    7 Makanan Tradisional Indonesia yang Mendunia

    Selain kaya akan ragam budaya dan bahasa, ternyata Indonesia juga terkenal dengan wisata kulinernya. Banyak turis yang datang ke Indonesia terpesona dengan menu makanan yang diolah dengan berbagai racikan bumbu khas nenek moyang. Tidak heran jika banyak jenis makanan tradisional Indonesia yang mendunia. Sebenarnya apa yang membuat kuliner khas Indonesia begitu unik dan menarik? Yang pertama tentu saja karena masyarakat Indonesia banyak menggunakan rempah-rempah yang tidak bisa ditemukan di Negara lain. Selain itu, seperti yang kita tahu negara lainnya terutama kawasan Eropa jarang sekali menyertakan banyak bumbu untuk setiap masakannya. Inilah yang membuat makanan Indonesia begitu khas dan sangat diminati. Lalu apa saja makanan tradisional tanah air yang sudah terkenal hingga mancanegara? Berikut ulasannya.

    Berbagai Makanan Tradisional Indonesia yang Mendunia


    Rendang                                                       


    Siapa yang tidak kenal makanan pedas yang terbuat dari daging ini? Ya, rendang merupakan kuliner khas Padang yang sangat populer hingga mancanegara. Rasa khas bumbu dan rempahnya sangat unik, tak heran para turis manca pun selalu ketagihan untuk mencicipi menu makanan tradisional Indonesia yang mendunia ini. Rendang bahkan telah menjadi salah satu menu favorit di beberapa restoran Eropa.


    Sate Ayam


    Beberapa dari anda mungkin tidak percaya bahwa sate ayam sudah sangat populer di beberapa Negara Asia seperti Malaysia dan Tiongkok. Bahkan, menu kuliner manis pedas yang satu ini juga begitu diminati di New York. Rasa bumbu kacang yang dicampur dengan berbagai bumbu lainnya menjadi daya tarik tersendiri dari sate ayam.


    Nasi Goreng


    Mungkin beberapa Negara lain juga memiliki menu nasi goreng khas daerahnya sendiri. Namun, nasi goreng Indonesia tetap memiliki ciri khas berbeda yang membuatnya sangat terkenal di Negara lain. Bahkan saat presiden Barack Obama mengunjungi Indonesia, beliau bahkan sangat terpukau dengan menu kuliner yang satu ini. Inilah bukti bahwa nasi goreng merupakan makanan tradisional Indonesia yang mendunia. Tidak hanya Amerika, ternyata di beberapa ajang festival kuliner Tiongkok, menu yang satu ini menjadi salah satu sajian yang sangat digemari.


    Bakso Sapi


    Jika dilihat dari namanya, bakso terinspirasi dari resep masakan Tiongkok. Akan tetapi, untuk menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia, kuliner ini lalu dikreasikan dengan berbagai bahan agar lebih lengkap dan nikmat. Bakso Solo merupakan salah satu sajian yang begitu terkenal dan mendunia.


    Gudeg


    Siapa yang tidak kenal makanan tradisional Indonesia yang mendunia yang satu ini? Ya, hamper semua turis mancanegara yang telah berkunjung ke Indonesia, khususnya Jogja pernah mencicipi makanan ini. Bahkan, saat anda berkunjung ke Australia, anda bisa menikmati sajian gudeg yang nikmat di beberapa restoran.


    Soto Ayam


    Hampir setiap kota di Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing. Salah satu sajian soto yang terkenal hingga ranah internasional adalah soto ayam Lamongan. Kuah kaldunya yang lezat dengan tambahan bahan pelengkap seperti bawang goreng dan telur ayam, membuat kuliner yang satu ini sangat digemari hingga Jepang.


    Sop Buntut


    Sajian yang terbuat dari daging memang tidak pernah sepi penikmat. Salah satunya adalah sop buntut khas Indonesia. Ternyata makanan ini bahkan sudah terkenal hingga Spanyol dan beberapa negara Asia. Bagi anda pecinta kuliner daging sapi pasti tahu bagaimana segarnya kuah sup buntut yang dinikmati saat hangat.

    Itulah 7 rekomendasi makanan tradisional Indonesia yang mendunia. Oleh karena itu, kita sudah sepatutnya bangga karena lewat menu-menu masakannya, Indonesia terkenal sebagai bangsa yang kaya dan inovatif. Lalu,makanan mana lagi yang ingin anda coba? Selamat mencoba!
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 7 Makanan Tradisional Indonesia yang Mendunia Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top