728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 19 June 2016

    Berikut Menu Sahur Sederhana dan Bergizi yang Menjaga Kebugaran Tubuh saat Berpuasa


    Selama bulan Ramadhan, setiap umat muslim diharuskan untuk berpuasa dengan tidak makan dan juga minum mulai dari terbit fajar sampai dengan tenggelamnya matahari. Berpuasa bukan berarti kita bolos untuk melakukan segala aktivitas harian seperti belajar maupun bekerja. Oleh karena itu, dibutuhkan menu sahur sederhana dan bergizi yang dapat membuat tubuh senantiasa bertenaga dan bugar untuk melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari.

    Pilihan Menu Sahur Sederhana dan Bergizi yang Bisa Disiapkan dengan Mudah

    Ketika menjalankan ibadah puasa wajib ini, banyak orang yang menjadikannya sebagai alasan untuk bermalas-malasan dengan bekerja secara tidak maksimal karena lesu, lapar, mengantuk, lemas, dan lain sebagainya sehingga produktivitas kerja harian menjadi menurun. Kondisi ini muncul dikarenakan menu makanan yang kurang sehat saat sahur. Padahal, sahur merupakan waktu terpenting untuk tubuh agar memperoleh asupan nustrisi selama seharian berpuasa. Banyak masyarakat yang berasumsi bahwa sahur yang terpenting adalah kuantitasnya banyak agar bisa tahan selama seharian penuh berpuasa. Asumsi tersebut adalah salah sebab yang dibutuhkan tubuh pada dasarnya adalah menu sehat yang mencakup vitamin, protein, karbohidrat, serat, air, dan lemak secara cukup. Bukan hanya sekedar porsi yang banyak. Oleh karena itu, berikut ini adalah menu sahur sederhana dan bergizi yang bisa dengan mudah Anda buat di rumah.

     
    1 ) Aneka Sop


    Seperti yang kita ketahui sop merupakan makanan sehat yang banyak sekali mengandung gizi. Hal tersebut tentu saja dikarenakan banyaknya sayuran yang dimasukkan dalam membuat sop mulai dari kentang, buncis, wortel, kol, daun bawang dan lain sebagainya. Apalagi jika sop tersebut ditambah dengan bahan lain seperti bakso, sosis atau ayam suwir maka sudah pasti rasanya akan sangat nikmat.

    Masalah pencernaan yang dirasakan saat menjalankan ibadah puasa biasanya adalah buang air besar yang sulit atau sembelit. Hal ini sangat wajar mengingat selama berpuasa kita dilarang untuk minum dan juga makan. Maka dari itu mengonsumsi sayuran yang terdapat di dalam sop dapat membantu Anda memperlancar pencernaan selama berpuasa. Ada banyak sekali sajian menu yang bertemakan sop, diantaranya adalah sop ayam, sop jamur, sop ceker, sop asparagus, dan lain sebagainya. Sehingga Anda tidak akan bosan dengan menu sahur sederhana dan bergizi yang satu ini. Selain itu, kelebihan dari menu ini adalah Anda tidak perlu bersusah payah memasaknya.

    2 ) Nasi Goreng


    Siapa yang tidak kenal dengan menu nasi goreng? Ya, makanan ini memang sangat mudah dimasak serta tidak membutuhkan banyak waktu untuk dapat disajikan. Oleh karena itu, pantas jika menu masakan ini sangat sering dipilih untuk menemani sahur saat berpuasa. Untuk membuat masakan ini semakin bergizi dan lezat, Anda bisa menambahkan beberapa sayuran, sarden, bakso atau ayam suwir. Selain karena rasanya yang enak, nasi goreng juga bisa membuat Anda kenyang cukup lama.

    3 ) Capcay


    Menu sahur sederhana dan bergizi selanjutnya adalah capcai. Menu makanan ini menjadi andalan untuk makanan sahur dikarenakan cara pembuatannya yang mudah dan cepat. Selain itu, kandungan gizi yang terdapat di dalamnya juga tidak perlu diragukan lagi. Tambahkan suwiran daging ayam atau daging sapi untuk menambah cita rasa dan memberikan asupan protein untuk tubuh.


    Itulah beberapa menu sahur bernutrisi yang bisa Anda coba di rumah. Perlu diingat bahwa masakan di waktu sahur akan mempengaruhi kondisi tubuh selama menjalankan puasa sehari penuh. Selain mengonsumsi makanan di atas, jangan lupa untuk banyak meminum air putih dan selingi dengan mengonsumsi buah-buahan. Semoga ulasan mengenai menu sahur sederhana dan bergizi ini dapat membuat Anda kuat dalam menjalani puasa Ramadhan. 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Berikut Menu Sahur Sederhana dan Bergizi yang Menjaga Kebugaran Tubuh saat Berpuasa Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top