728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 22 June 2016

    Inilah Bahaya Terlalu Sering Minum Kopi

    Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua orang menyukai kopi. Rasanya yang khas, sangat cocok dinikmati di kala waktu senggang. Bahkan bagi sebagian orang, kopi sudah seperti keharusan; tiada hari tanpa kopi. Akan tetapi, selain karena memang minuman kopi ini terasa nikmat, zat kafein yang terkandung di dalam kopi ini menyebabkan tubuh tetap segar sehingga para workaholic sering menjadikan kopi sebagai minuman wajib mereka.


    Pada dasarnya, apapun itu termasuk kopi mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Namun jika terlalu sering mengonsumsi kopi, ada bahaya yang bisa ditimbulkan. Seperti yang dikatakan di atas bahwa kopi mengandung zat kafein yang bisa membuat tubuh lebih segar, menghilangkan rasa kantuk, dan lainnya. Perlu diketahui bahwa terlalu sering mengonsumsi kafein yang terkandung dalam kopi juga berbahaya.


    Jika terlalu sering mengonsumsi kafein dalam kopi akibatnya adalah tulang keropos. Bagaimana bisa kafein dalam kopi menyebabkan tulang menjadi keropos?

    Pertama - Jika darah mengandung zat kafein yang tinggi, maka hal itu akan dapat mempengaruhi sistem yang mengatur ritme detak jantung sehingga seringkali orang yang sedang minum kopi merasakan detak jantungnya bertambah dengan cepat. 

    Kedua - Ketika jantung berdetak semakin cepat, otot jantung membutuhkan lebih banyak kalsium, dimana kalsium adalah yang paling dibutuhkan untuk menghasilkan konstraksi otot.

    Ketiga - Ketika kebutuhan kalsium meningkat, maka tubuh secara otomatis akan mencarikan sumber kalsium lain yaitu tulang. Pemakaian kalsium yang tinggi oleh otot jantung akan menyebabkan tubuh mengambil kalsium dari sumber yang lain, yaitu langsung memecah tulang.

    Keempat - Jika tulang kekurangan kalsium, maka tentu saja kekuatan tulang akan berkurang.

    Nah, itulah akibat dari seringnya mengonsumsi kopi. Jika hal itu terus menerus terjadi, maka akan terjadi sebuah kondisi dimana tulang keropos atau yang sering disebut osteoporosis. Lantas bagaimana solusinya? Harus seimbang antara kafein yang masuk dengan asupan makanan atau minuman yang mengandung kalsium. Selain itu, mengurangi minum kopi dan memperbanyak olahraga juga akan menguatkan tulang. Kopi memang nikmat, tetapi sebagai penikmat yang bijak harus tahu batasan agar kopi yang masuk ke tubuh memberikan manfaat.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Inilah Bahaya Terlalu Sering Minum Kopi Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top