728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 19 June 2016

    Profil dan Biography Jack Ma Founder of Alibaba Group


    Jack Ma adalah tokoh orang paling kaya di China. Perjuangan Jack Ma hingga berada pada posisi paling puncak di China, bahkan, di dunia ternyata tidak semulus yang kita kira. Awalnya, ia hanya seorang guru bahasa Inggris biasa. Namun, pada suatu ketika nasibnya berubah berkat usaha online yang ia beri nama alibaba.com. Kali ini, ulasan artikel ini akan secara khusus membahas profil founder Alibaba ini. Kisah suksesnya jika diuraikan tentu akan menjadi motivasi tersendiri bagi banyak orang, khususnya para remaja atau kaum muda. Langsung saja simak profil dan biografi Jack Ma sebagai pendiri alibaba.com berikut ini.

    Biografi dan Profil Founder Alibaba


    Kisah kehidupannya tentu dimulai saat Jack Ma pertama kali dilahirkan, yaitu pada 15 Oktober 1964. Jack kecil hidup di lingkungan keluarga yang sederhana di kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China. Di negeri Tirai Bambu ini, hubungan kerja sama dengan barat belum begitu terjalin. Barulah pada tahun 1980-an, Cina mulai membuka diri terhadap bangsa asing.


    Pasti tidak akan pernah ada yang menyangka bahwa salah satu orang terkaya di dunia ini sempat ditolak di berbagai sekolah formal. Bahkan, setelah menamatkan sekolah dasar, Ia tidak diterima di sekolah menengah mana pun karena nilai matematikanya yang jelek. Keinginannya belajar membuatnya memikirkan berbagai cara agar dapat belajar, meskipun bukan belajar secara formal. Sejak usianya 12 tahun hingga 20 tahun, Ia sering mengendarai sepeda ke Hotel tempatnya belajar bahasa Inggris. Profil founder Alibaba ini memang tak seindah kisah negeri dongeng. Ia harus berjuang untuk mencapai kesuksesannya hari ini.

    Karena terlalu banyak bergaul dengan orang barat, pemikiran Jack Ma pun lebih global dibandingkan dengan cara pandang orang China pada umumnya. Semasa bergaul dengan turis-turis asing, ia selalu menemukan kontradiksi antara apa yang diceritakan guru-gurunya di sekolah dengan masalah yang ia hadapi di dunia nyata. Kisah suksesnya kemudian berawal saat pertama kali ia menggunakan teknologi internet, yaitu tahun 1995. Waktu itu, Jack iseng mengetikkan kata “Beer” dan “China” pada mesin pencari google, ternyata tidak ada penjelasan apa pun untuk dua kata kunci tersebut. Berbekal rasa penasaran tersebut, Jack dan rekannya membangun jasa terjemahan bahasa China-Inggris yang langsung disambut hangat oleh banyak orang. Baru beberapa jam saja, ia telah mendapatkan beberapa email yang mendukung rencananya itu. Hingga hari ini, semua orang di berbagai belahan dunia bisa mengakses alibaba.com. Profil founder alibaba pun mulai diperbincangkan banyak orang.

    Alibaba Group telah resmi didirikan pada 1999 yang menjadi salah satu perusahaan online yang terbesar di negeri tersebut. Salah satu fungsi dari website ini adalah dapat menghubungkan para eksportir China dengan para konsumen di berbagai negara. Perusahaan online besutannya ini pun mampu menarik perhatian para investor. Lambat laun, perusahaan ini diperkirakan dapat menggeser posisi e-Bay yang merupakan situs jual beli terbesar di dunia yang bermarkas di Negeri Paman Sam.




    Berkat ide-ide gilanya, Jack Ma hadir sebagai sosok yang bukan apa-apa, bahkan tersisih, menjadi sosok yang sangat diperhitungkan di China. Pada tahun 2014 lalu, Jack berhasil melepas saham di Amerika Serikat dengan harga yang sangat tinggi. Inilah yang membuatnya dijuluki sebagai orang kaya baru. Perjuangan Jack mencapai puncak kejayaan memang tak terlepas dari kerja keras dan ide-ide gilanya. Dengan mempelajari profil founder alibaba yang cukup singkat ini, diharapkan Anda bisa memetik nilai moralnya. Setiap mimpi patut untuk diperjuangkan.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Profil dan Biography Jack Ma Founder of Alibaba Group Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top