728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 18 July 2016

    Kota-Kota Bersejarah yang Tak Pernah Dikenalkan di Sekolah

    Sekolah memang tempat menuntut ilmu. Dari ilmu macam matematika hingga sejarah, sekolah merupakan salah satu tempat terbaik untuk mempelajari ilmu pengetahuan. Akan tetapi, meski begitu ada kalanya beberapa hal tidak diajarkan di sekolah karena hal-hal tertentu. Seperti beberapa kota bersejarah di bawah ini yang tidak dikenalkan di sekolah. Padahal kota-kota ini mempunyai peranan penting di masanya. Kota apa saja?

    CARTHAGE
    Kota kuno yang sekarang masuk ke dalam wilayah negara Tunisia. Kota ini dibangun pada era sekitar milenium pertama sebelum masehi oleh orang-orang Fenesia. Kota ini berkembang dengan sangat pesat dan menjadi kota yang cukup ramai pada masa itu. Hal ini kemudian menyebabkan bangsa Romawi tertarik untuk menundukkan kota ini. Bangsa Romawi berhasil menaklukkan kota ini dengan membakar dan membantai penduduk kota Carthage, sementara sebagian lagi dijadikan budak. Bangsa Romawi membangun Carthage hingga kemudian kota ini dikuasai oleh kaum Muslim.

    CIUDAD PERDIDA
    Dikenal dengan sebutan Lost City atau Kota yang Hilang. Kota ini diperkirakan dibangun pada tahun 800 masehi, oleh orang-orang Tairona, yang mana mempunyai usia yang lebih muda dari kota kuno terdekat yaitu Inca. Kota yang Hilang ini berhasil ditemukan pada tahun 1972. Kota ini memiliki struktur yang unik dengan tangga batu, teras-teras, dan struktur bangunan unik lainnya.

    TROY
    Salah satu kota kuno yang populer karena sering muncul dalam film-film populer Hollywood. Kota ini sekarang masuk ke dalam wilayah negara Turki, tepatnya di sebelah barat laut Turki. Dari reruntuhan yang ditemukan, Kota Troy konon merupakan kota yang ditinggali oleh orang-orang dengan latar budaya yang berbeda. Perang Troya yang legendaris menghancurkan kota ini.

    SKARA BRAE
    Kota kuno yang terletak di Skotlandia ini, tepatnya di Kepulauan Orkney konon merupakan hasil dari kebudayaan yang lebih tua dari Piramid di Mesir dan Stonehenge di Inggris. Menurut penelitian, kota ini didiami oleh penduduknya pada masa 3180 - 2500 sebelum masehi. Kota kuno ini masih dihuni oleh penduduknya hingga ribuan tahun setelahnya, sebelum akhirnya kota ini benar-benar ditinggalkan karena cuaca dingin.

    CARAL
    Salah satu kota kuno paling ramai pada eranya yang ada di daratan Amerika. Kota kuno ini berada di Peru, dan merupakan kota tempat tinggal warga Norte Chico. Selain ramai, kota kuno ini juga disebut-sebut sebagai kota tertua yang ada di Amerika. Kota Caral dihuni sekitar 3000 jiwa.

    TAXILA
    Kota kuno yang sekarang masuk wilayah Pakistan ini bernama Taxila, dan sempat mengalami beberapa pergantian kekuasaan. Kota ini pernah dikuasai oleh Raja Persia Darius Agung pada tahun 518 SM, kemudian sekitar 200 tahun setelahnya Alexander Agung dari Yunani menguasai kota ini. Pergantian kekuasaan tersebut menjadikan Taxila merupakan kota unik dengan latar belakang budaya yang bermacam-macam. Kota ini juga pernah menjadi pusat agama Buddha.

    TIMGAD
    Kaisar Trajan mendirikan kota kuno Timgad yang ada di Aljazair ini untuk menghormati orang tua dan kakak perempuannya. Jika melihat reruntuhan kota kuno Timgad ini terlihat sekali bahwa kota ini pernah menjadi sebuah kota yang megah. Selama beberapa ratus tahun kota ini berada dalam kedamaian hingga direbut oleh orang-orang Arab. Selama beberapa waktu kota kuno ini terkubur dalam pasir sebelum akhirnya ditemukan pada tahun 1881.

    HATRA
    Kota kuno di Irak ini merupakan ibukota pertama Kerajaan Arab. Kota Hatra terkenal dengan arsitekturnya yang spektakuler, dengan dinding-dinding bangunan yang tebal dan tinggi. Dinding tebal dan tinggi tersebut merupakan perlindungan yang kuat dari serangan Bangsa Roma. Selama beberapa waktu kota kuno Hatra berkembang menjadi pusat perdagangan sebelum akhirnya direbut oleh bangsa Sassanid Iran.

    SANCHI
    Sanchi merupakan kota kuno yang ada di India, dan konon merupakan kota yang dibangun dalam jangka waktu yang sangat lama, yaitu dimulai pada abad ketiga sebelum masehi hingga selesai pada abad ke-13 masehi. Ketika agama Buddha di India mengalami surut, kota ini perlahan-lahan mulai ditinggalkan hingga akhirnya benar-benar ditinggalkan. Seorang prajurit Inggris menemukan kembali kota ini pada tahun 1818.

    SUKHOTAI
    Kota kuno bernama Sukothai ini merupakan kota kuno yang terletak di Thailand. Sukhotai merupakan kata dari Bahasa Sansekerta yang berarti cahaya kebahagiaan. Selama sekitar 140 tahun, kota Sukhotai yang berupa kompleks candi ini menjadi ibukota kekaisaran Thai. Hingga tahun 2014 lalu, sekitar 193 candi telah ditemukan dan digali.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kota-Kota Bersejarah yang Tak Pernah Dikenalkan di Sekolah Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top