728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 25 October 2016

    11 Penambang yang Tertimbun Longsor di Jambi Belum Bisa Dievakuasi

    ilustrasi longsor

    Jakarta - Sebanyak 11 penambang emas tertimbun longsor di PETI (Pertambangan Emas Tanpa Ijin) di Kabupaten Merangin, Jambi. Hingga saat ini 11 penambang emas tersebut belum berhasil dievakuasi.

    "Sampai saat ini korban belum bisa dievakuasi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam rilis yang diterima oleh detikcom, Selasa (25/10/2016).

    Lokasi longsor terjadi di Desa Sei Macang, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Kejadian tersebut terjadi pada hari Senin (24/10) kemarin sekitar pukul 16.00 WIB. 

    Menurut Sutopo, longsor terjadi karena hujan sehingga lumpur masuk dan menutupi lubang tempat para pekerja sedang menambang emas.

    "Penambang emas sebanyak 11 orang melakukan penambangan dengan metoda membuat lubang jarum sedalam antara 30 meter hingga 50 meter. Terjadi hujan, sehingga air dan lumpur masuk ke lubang yang membuat 11 orang penambang terjebak di dalam lubang," tutur Sutopo.

    Tim gabungan dari Tim SAR dari BPBD Kabupaten Merangin, BPBD Provinsi Jambi, Basarnas, TNI, Polri, relawan dan masyarakat kemudian melakukan evakuasi, namun ada kendala kedalaman lubang yang mencapai 50 meter dan lokasi yang cukup jauh dari permukiman, sehingga aksesibilitas menjadi terbatas. 

    Tim gabungan masih berusaha untuk menyedot lumpur dan air yang menutupi lubang untuk mengevakuasi para penambang. "Tim SAR gabungan terus melakukan upaya dengan melakukan penyedotan air dan lumpur," ujar Sutopo.

    11 Nama penambang emas yang belum bisa dievakuasi adalah Tami (45), Yung Tuk (40), Siam (28), Hamzah (55), Catur (30), Jurnal (21), Sito (25), Zulfikar (43), Arman (35), Erwin (45), dan Guntur (35). 
    (bis/miq)

    http://news.detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 11 Penambang yang Tertimbun Longsor di Jambi Belum Bisa Dievakuasi Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top