728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 6 October 2016

    12 Tips Mencegah dan Mengobati Kanker Payudara

    mencegah dan mengobati kanker payudara
    Artikel wanita tentang 12 Tips Mencegah dan Mengobati Kanker Payudara
    Semua orang mengetahui jika payudara merupakan salah satu bagian terpenting dan paling berharga yang merupakan bagian kecantikan pada diri setiap wanita. Gejala tumor payudara jinak ataupun ganas tentu akan menjadi suatu hal yang sangat menakutkan bagi semua orang terutama untuk para wanita Yang menjadi kekhawatiran adalah apa jadinya jika bagian tersebut terserang tumor atau terindikasi gejala kanker payudara, mungkin bisa tidak berbahaya ataupun ganas dan berbahaya bahkan sampai menyebabkan kematian. Kanker payudara merupakan penyakit yang sangat berbahaya terutama bagi wanita karena penyakit ini umumnya diderita oleh wanita dan merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. 

    Kanker payudara merupakan kanker pada jaringan payudara. Kangker ini merupakan jenis kanker yang umum diderita oleh kaum wanita, namun tidak menutup kemungkinan pria juga terserang penyakit kanker payudara. Pengobatan kanker payudara biasanya dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.

    Saat seseorang terkena penyakit kanker payudara biasanya dikarenakan pola hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak sehat, kurang olahraga dan bisa juga karena faktor keturunan.

    Demikian juga untuk penyakit kanker, mencegah kanker jauh lebih baik dibandingkan mengobatinya. Untuk mencegah kanker, diperlukan pengetahuan mengenai apa saja penyebab kanker sehingga kita bisa menghindari atau menangkal kemungkinan timbulnya akar-akar kanker tersebut.
    Gejala Kanker Payudara

    Berikut Gejala kanker payudara yang harus anda ketahui dan segera dicegah untuk menanggulangi kemungkinan stadium semakin tinggi :
    • Bentuk puting berubah, contohnya puting mengerucut ke dalam.
    • Timbul Benjolan pada payudara, jika terdapat benjolan pada payudara sebaiknya anda segera memeriksakannya pada dokter spesialis terkait.
    • Timbul benjolan kecil pada daerah ketiak baik kiri maupun kanan.
    • Keluarnya darah, nanah, atau cairan encer melalui puting payudara secara rutin.
    • Perubahan pada kulit payudara, kulit mulai mengerucut seperti kulit jeruk.
    • Bentuk, ukuran, dan struktur payudara berbeda jauh antara yang satu dengan yang lainnya.

    Gejala di atas merupakan gejala umum yang terjadi sebagai awal pertanda kanker payudara tersebut. Nah bagaiman dengan tindakan pencegahannya? 

    Berikut akan disajikan juga Beberapa cara mencegah kanker payudara.
    Hindari Makanan Cepat Saji
    Makanan cepat saji mengandung banyak lemak yang tidak baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan payudara. Kanker payudara dipicu oleh berbagai zat kimia yang ada pada makanan yang tidak sehat. 
    Pakailah Bra dengan Tepat
    Gunakan bra sesuai dengan ukuran payudara, jangan menggunakan bra yang terlalu ketat karena dapat memicu penyakit kanker payudara. Saat Anda tidur usahakan untuk tidak memakai bra karena saat kondisi tidur yang lama ini payudara membutuhkan sirkulasi darah yang cukup.
    Menjauhi alkohol
    Sejak lama alkohol sudah sering disebut sebagai penyebab kanker. Untuk mencegah kanker, menghindari konsumsi alkohol merupakan langkah yang tepat.
    Menghindari makanan dengan zat pewarna
    Banyak makanan saat ini dicampur dengan zat pewarna agar terlihat menarik. Padahal kandungan zat pewarna itu sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat memicu kanker. Untuk mencegah kanker, sebaiknya usahakan menghindari makanan yang menggunakan zat pewarna. Makanan yang menggunakan zat pewarna dapat diketahui dari warna makanan yang terlihat jauh lebih menarik dibandingkan warna aslinya.
    Rutin olahraga
    Berolahraga merupakan cara yang baik untuk mencegah kanker. Sebab saat berolahraga, lemak dalam tubuh akan terbakar dan mempercepat metabolisme. Hal itu akan mencegah terjadinya kanker. Tidak harus berupa olahraga berat. Olahraga ringan seperti jalan sehat atau lari pagi bisa membantu mencegah kanker.
    Konsumsi vitamin A, C, dan E
    Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E memiliki kandungan antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah kanker.
    Perilaku seks sehat
    Tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan seks juga menjadi cara jitu mencegah kanker sebab timbulnya kanker juga dimungkinkan karena perilaku seksual yang tidak sehat.
    Menghindari makanan berlemak
    Lemak menyebabkan banyak masalah dalam tubuh. Termasuk sebagai pemicu kanker. Untuk mencegah kanker, hindarilah makanan-makanan berlemak tinggi.
    Makan makanan kaya serat
    Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan kaya serat. Memperbanyak konsumsi makanan tersebut sangat baik untuk mencegah kanker.
    Memeriksa resiko karena keturunan
    Salah satu penyebab kanker berasal dari faktor keturunan. Jika ada orangtua atau saudara yang menderita kanker, sangat mungkin kanker juga menyerang anggota keluarga lainnya. Untuk itu mengetahui ada tidaknya anggota keluarga yang pernah terkena kanker sangat penting sebagai upaya mencegah kanker.
    Menghindari makanan yang diasap dan dibakar
    Penyebab kanker lainnya adalah makanan yang diasap, dibakar, atau diasamkan. Contohnya seperti ikan asap atau makanan yang diacar. Makanan tersebut beresiko menimbulkan kanker. Oleh karena itu menghindari atau mengurangi frekuensi mengonsumsi makanan tersebut menjadi keharusan untuk mencegah kanker.
    Menghindari rokok
    Seperti alkohol, rokok juga menjadi sumber penyebab berbagai penyakit tak terkecuali untuk penyakit kanker. Meninggalkan kebiasaan merokok atau berupaya menjauh dari orang yang sedang merokok adalah upaya baik untuk mencegah kanker.

    Demikianlah artikel wanita tentang 12 tips mencegah dan mengobati kanker payudara.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 12 Tips Mencegah dan Mengobati Kanker Payudara Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top