728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 19 October 2016

    Dikebut Jokowi, Tol Trans Sumatera Dapat 'Subsidi' dari Investor Trans Jawa

    Foto: Istimewa

    Jakarta - Pembangunan Tol Trans Sumatera terus dikebut Presiden Joko Widodo (Jokowi). Agar pembangunannya lebih cepat, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR melakukan banyak terobosan.

    Salah satu terobosan yang dilakukan adalah dengan memberikan 'subsidi konstruksi'. Subsidi yang dimaksud adalah dengan mewajibkan kontraktor pembangunan Tol Trans Jawa, juga membangun sebagian konstruksi di ruas Trans Sumatera.

    Penerapan terobosan ini bisa dilihat pada pekerjaan Tol Trans Sumatra ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 185 km.

    "Jalan tol ini (Kayu Agung-Terbanggi Besar) sudah 3 kali dapat subsidi dari investornya Trans Jawa," kata Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna kepada detikFinance, Rabu (19/10/2016).

    'Subsidi' pertama diberikan oleh PT Jasa Marga Batang-Semarang selaku pemenang tender investasi proyek Jalan Tol Trans Jawa ruas Batang-Semarang. Selain membangun Tol Batang-Semarang di Jawa, investor ini juga akan membiayai pembangunan konstruksi 25 km Jalan Tol Kayu Agung-Terbanggi Besar di Sumatera.

    "Kedua itu ada dari investornya Tol Legundi-Bunder. Mereka kontribusi 25 km di Kayu Agung-Terbanggi Besar," sambung Herry.

    'Subsidi' ketiga diberikan oleh Konsorsium PT Jasa Marga Tbk serta PT Ranggi Sugiron Perkasa selaku pemenang tender investasi untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek Eleveted (Japek Layang). Investor ini akan memberikan subsidi untuk membiayai pembangunan konstruksi sepanjang 12 km pada Jalan Tol Kayu Agung-Terbanggi Besar.

    Cara ini dilakukan untuk menyiasati minimnya minat investor asing untuk mengarap proyek Jalan Tol Trans Sumatera. Secara investasi, jalan tol trans sumatera memang kurang menarik minat lantaran tingkat pengembalian investasi belum memenuhi angka keekonomian.

    "Dengan adanya subsidi ini, kan jadi jalan Tol Trans Sumatera mulai di bangun di titik-titik simpulnya. Itu bisa meningkatkan IRR (internal rate of return/tingkat pengembalian investasi). Jadi investor swasta juga mau kontribusi di Trans Sumatera," jelas dia. (dna/hns)

    http://finance.detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dikebut Jokowi, Tol Trans Sumatera Dapat 'Subsidi' dari Investor Trans Jawa Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top