728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 16 October 2016

    Duo Yamaha Cium Aspal Motegi, Marquez Menang Perdana dan Juara Dunia

    Marc Marquez saat menyentuh garis finis MotoGP Jepang 2016 di Sirkuit Motegi (Foto/twimg.com)

    MOTEGI - Marc Marquez bikin sejarah lagi pada Minggu (16/10) siang WIB. Determinasinya yang luar biasa saat lomba MotoGP Jepang 2016 di Sirkuit Motegi, mengantarnya jadi juara dunia pembalap kelas bergengsi edisi 2016.

    Ini merupakan kemenangan perdana Marquez pada kelas utama MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi. Selain itu, ini merupakan hadiah manis dari pembalap tim Repsol Honda tersebut buat ulang tahun Honda ke-50 di kelas bergengsi. 

    Selain itu, pembalap yang kini menyamai raihan Jorge Lorenzo sebagai pembalap Spanyol dengan tiga gelar juara dunia kelas bergengsi itu juga memberi hadiah manis buat rekan satu timnya, Dani Pedrosa, yang baru saja menyelesaikan operasi memperbaiki tulang selangka kanannya usai terjatuh di Motegi. Nah yang paling manis dari semuanya, secuil sejarah hebat Marquez ini dia catat di sirkuit milik Honda. Vamos!

    Jalannya balapan    *Pilihan ban lomba: Depan dan belakang soft (Aoyama, Barbera, Smith, Jones), depan medium-belakang soft (Lorenzo, Rossi, Marquez, Dovizioso, Vinales, A. Espargaro, P. Espargaro, Bradl, Bautista, Petrucci, Redding, Miller, Rabat, Laverty, Nakasuga), depan hard-belakang soft (Crutchlow, Baz), depan soft-belakang hard (Hernandez).

    *Belokan pertama Lorenzo gas pol dan mengungguli Marquez serta Rossi. Aleix sempat mengakuisisi posisi Rossi, tapi ketiga pembalap terdepan mempertahankan posisi mereka hingga akhir putaran 1. Lap 2, Rossi dan Marquez terlibat aksi salip-menyalip dua kali yang membuat Aleix mendekati keduanya, sekaligus menguntungkan Lorenzo yang mulai menjauh dengan + 0,6 detik. Eugene Laverty jatuh di tikungan 9 pada lap 3. 

    *Sisa 21 lap, Lorenzo melambat, Marquez dan Rossi mendekat. Akhirnya, Marquez mengakuisisi posisi terdepan milik Lorenzo di tikungan 9 dengan sebuah aksi pengereman luar biasa. Sisa 19 lap, Marquez mulai menjauhi Lorenzo dan Rossi yang terlibat one-on-one. Kedua rider Yamaha Movistar tertinggal 0,9 detik. Lap tercepat milik Marquez dalam dua putaran berikut, 1 menit 45,577 dan 1 menit 45,576 detik.

    *Sisa 18 lap, Jack Miller terjatuh di tikungan 1. Diikuti oleh Valentino Rossi di tikungan 10. Sisa 17 lap Rossi masuk pit dan menyudahi lomba. Sisa 16 lap, Hector Barbera terjatuh. Lorenzo tertinggal 2,0 detik dari Marquez. Posisi tiga diisi Andrea Dovizioso bersama Ducatinya. Sisa 13 lap, Marquez unggul 2,671 detik hingga 3,052 detik dari Lorenzo. Apakah kecelakaan yang menimpa porfuera pada FP3 membuat kondisi fisiknya mulai menurun saat lomba? Dovi dan Aleix Espargaro mulai mendekati Lorenzo.

    *11 dan 10 lap tersisa, keunggulan Marquez terus bertambah dari 3,3 – 3,7 detik. Kalau dia memenangkan lomba ini, Rossi dipastikan terlempar dari persaingan perebutan juara dunia pembalap MotoGP 2016. Sisa 9 lap, Marquez unggul 4 detik dari Lorenzo yang sedang dikejar Dovi yang 0,6 detik di belakangnya. Sisa 8 lap, Vinales tepat di ekor Aleix yang tertinggal dari Dovi. Sisa 7 lap, Vinales saling bertukar posisi dengan Aleix.

    *Sisa 5 lap, Lorenzo terjatuh. Marquez di antar jadi juara dunia 2016 sekaligus merebut kemenangan perdananya pada kelas bergengsi MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi. Kado manis Marquez buat ulang tahun ke-50 Honda di kelas utama, plus untuk kesembuhan rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang baru menuntaskan operasi memperbaiki tulang selangka kanannya yang cedera di Motegi. 



    (sbn
    http://sports.sindonews.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Duo Yamaha Cium Aspal Motegi, Marquez Menang Perdana dan Juara Dunia Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top