728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 11 October 2016

    Gangguan Refraksi Mata Halangi Prestasi Belajar Anak

    Gangguan refraksi mata menjadi salah satu masalah yang menghalangi proses belajar anak. Bahkan gangguan ini bisa mengakibatkan kebutaan. Untuk itu periksalah sejak dini. Foto/ Ilustrasi/ Istimewa.

    JAKARTA - Katarak dan gangguan refraksi menjadi peyumbang kebutaan terbanyak. Tindakan koreksi terhadap gangguan refraksi ini sangat penting, khususnya pada anak-anak usia sekolah, di mana mereka harus melihat dengan baik.

    Berdasarkan keterangan pers yang diterima Sindonews, gangguan refraksi merupakan kelainan pembiasan cahaya sehingga bayangan tidak fokus tepat di retina mata yang mengakibatkan penglihatan menjadi kabur.

    “Anak dengan gangguan refraksi biasanya berdampak pada nilai prestasinya di sekolah," kata Menteri Kesehatan Prof Dr dr Nila Farid Moeloek SpM(K).

    Bagi anak-anak dengan kelainan refraksi, bisa diatasi dengan melakukan pemberian kacamata. Ini merupakan tindakan koreksi tercepat yang dapat dilakukan untuk mengembalikan penglihatan mereka.

    Umumnya, gangguan pada penglihatan anak-anak dengan kelainan refraksi membuat penderitanya tidak bisa diam dan tenang di kelas. Kondisi ini dinilai para guru sebagai tindakan ingin menyontek. Selain itu, juga bisa menyebabkan anak-anak tertidur di bangku belakang kelasnya.

    "Semakin cepat terdeteksi, semakin cepat terkoreksi, maka mereka terhindar dari kebutaan," jelasnya.


    (tdy)
    http://lifestyle.sindonews.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gangguan Refraksi Mata Halangi Prestasi Belajar Anak Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top