728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 16 October 2016

    Hati-hati, Bullying pun Bisa Dialami Anak-anak di Lingkungan TK

    Foto: Thinkstock

    Jakarta, Bullying tidak hanya bisa dialami anak-anak yang bersekolah di sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah. Karena anak taman kanak-kanak (TK) pun bisa menjadi korban bully.

    "Beberapa kali saya temukan bisa terjadi di TK, terutama TK yang gabung dengan SD. Jadi anak-anak TK dianggap lemah dan jadi korban bullying yang SD. Sering kali terjadi di sekolah yang siswanya banyak, sehingga pengawasannya kurang," jelas psikolog dari Tiga Generasi, Anne Sari Sani S.Psi.

    Hal itu dipaparkan dia dalam seminar 'Importance of Parenting Safety Awareness and Martial Arts to Prepare Your Kids Against Bullying,' di Bodytec Station, Jl Kemang Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (15/10/2016).

    Menurut Anne, TK adalah masa bagi anak-anak mulai bergabung dengan orang yang banyak dan berbagai macam. Itu makanya beberapa kali dia menjumpai anak TK yang menjadi korban bullying.

    Bahkan kata Anne, sering kali bullying dilakukan di lingkungan rumah. Hanya saja karena dianggap biasa, sehingga banyak yang tidak sadar telah melakukan bullying.

    "Om, tante, saudara yang lain bisa saja jadi pelaku bullying pada anak di lingkungan rumah. Misalnya ada anak yang masih ngompol sering diolok-olok di depan temannya atau saudara yang lain. Lalu seprai yang basah sampai dibawa-bawa. Itu bullying lho, tapi pada nggak sadar," papar Anne.

    Mungkin niat awalnya iseng, tapi jika sudah dilakukan berulang-ulang dan membuat anak tidak nyaman dan merasa dipermalukan maka itu sudah termasuk bullying. Jika itu cara untuk membuat anak 'kapok' sehingga tidak ngompol lagi, sebaiknya dipikirkan cara lain yang lebih baik.

    Akibat bullying, terang Anne, bisa membuat seseorang jadi memiliki rasa penghargaan diri yang rendah. Yang bersangkutan juga jadi depresi dan cemas, yang akibatnya mempengaruhi imunitas tubuhnya, sehingga membuatnya mengalami penyakit fisik.

    "Di beberapa kasus ada yang kemudian menimbulkan pikiran ingin bunuh diri. Kalau perempuan biasanya suka bilang ingin bunuh diri. Kalau laki-laki biasanya langsung merencanakan bunuh diri," imbuh Anne.

    (vit/vit)
    http://health.detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hati-hati, Bullying pun Bisa Dialami Anak-anak di Lingkungan TK Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top