728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, 29 October 2016

    Hebohnya Launching Buku 'Chairul Tanjung Si Anak Singkong' Versi China

    Foto: Elvan Dany Sutrisno/detikcom

    Beijing -
    Pimpinan CT Corpora Chairul Tanjung (CT) hari ini meluncurkan secara resmi buku 'Chairul Tanjung Si Anak Singkong' yang ditulis dalam bahasa mandarin. Suasana launching begitu meriah, ratusan mahasiswa di China yang hadir di rangkaian acara launching buku best seller di Tanah Air ini berebut selfie dengan CT menginspirasi anak muda lewat kisah perjalanan hidupnya menuju sukses itu.

    Launching buku 'Chairul Tanjung Si Anak Singkong' digelar secara sederhana di auditorium Peking University, China, Jumat (28/10/2016). Acara launching buku yang terjual jutaan eksemplar di Indonesia ini digelar di tengah acara kunjungan CT ke Peking University. Dalam kunjungan ini CT memberikan speech bertema The New Era of Asia in a Changing World: The Future of China-Indonesia Relationship.

    Sebelum memberikan paparan, CT diterima oleh Vice President of Peking University Dr Li Yansong dan para petinggi Peking University. Usai pertemuan ramah tamah yang singkat membahas pertukaran pelajar Indonesia-China itu, CT memberikan kenang-kenangan berupa miniatur wayang dari bahan perak dan tentu saja buku yang akan segera diluncurkannya.
    Elvan Dany Sutrisno/detikcomFoto: Elvan Dany Sutrisno/detikcom
    Ada lebih dari 200 mahasiswa dari Indonesia dan China hadir di acara ini. Mereka tidak hanya berasal dari Peking University, tapi juga beberapa universitas ternama di China seperti Tsinghua University, dan beberapa Universitas lainnya. Peking University sendiri merupakan salah satu universitas tertua di China dan terkenal dengan "Yan Yuan" (taman Yan) dekat dengan Distrik Haidian di pinggiran Barat Beijing.

    Di antara mahasiswa yang hadir di acara ini, lebih dari 50 orang di antaranya berasal dari Indonesia. Mereka tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (Tiongkok). Ketua PPI Tiongkok, Bagus Ari Haryo juga ikut mendengarkan paparan CT tentang masa depan hubungan Indonesia-China. CT juga sempat menjawab sejumlah pertanyaan mahasiswa. Meriahnya paparan CT tentang masa depan hubungan bisnis Indonesia-China bisa disimak di berita selanjutnya.

    Usai paparan CT, John Holden yang merupakan salah satu dekan di Yenching Academy menjadi pengantar acara tersebut kemudian memperkenalkan buku 'Chairul Tanjung Si Anak Singkong' kepada mahasiswa yang hadir.
    Hebohnya Launching Buku 'Chairul Tanjung Si Anak Singkong' Versi ChinaFoto: Elvan Dany Sutrisno/detikcom
    "Ini adalah buku Chairul Tanjung Si Anak Singkong, most inspiring enterpreneur from Indonesia," kata John sembari mengangkat buku bergambar foto Chairul Tanjung tersenyum mengenakan baju koko putih dan peci hitam.

    CT pun kemudian secara resmi meluncurkan buku tersebut. CT langsung memberikan satu buku yang sudah ditandatanganinya kepada John.

    "Buku pertama ini untuk anda John," kata CT seraya tertawa bersama John Holden. CT kemudian memberikan buku yang telah ditandatanganinya kepada Zhou Liping yang merupakan Chairman PKU association of returned overseas Chinese, dan tentu saja untuk Dubes RI untuk China, Soegeng Rahardjo. Mereka kemudian berfoto bersama.
    Hebohnya Launching Buku 'Chairul Tanjung Si Anak Singkong' Versi ChinaFoto: Elvan Dany Sutrisno/detikcom
    Inisiatif penerbitan buku dalam bahasa mandarin ini sebenarnya berasal dari kelompok masyarakat di China yang merasa terinspirasi dengan buku tersebut. CT pun langsung menyetujui karena baginya yang terpenting buku tersebut bisa menginspirasi banyak orang di seluruh belahan dunia.

    Begitu acara launching selesai, ratusan mahasiswa langsung menyerbu CT. Dalam sekejap antrean mahasiswa sudah mengular. Mereka berebut untuk selfie dan meminta tandatangan CT di halaman pertama buku 'Chairul Tanjung Si Anak Singkong' yang diterjemahkan dalam bahasa Mandarin oleh Chen Haoqi. Pria kelahiran Pontianak ini sudah berlayar ke China pada saat berusia 13 tahun. Hingga kini ia masih fasih berbahasa Indonesia. Ia kini menjabat Secretary General of Beijing Association of Retired Workers for Overseas Chinese Affairs.

    Hampir 30 menit CT melayani foto bersama dengan ratusan mahasiswa itu. Ia pun dengan sabar melayani permintaan tandatangan di halaman pertama buku yang diberikan secara cuma-cuma ke mahasiswa yang hadir ini.
    Hebohnya Launching Buku 'Chairul Tanjung Si Anak Singkong' Versi ChinaFoto: Elvan Dany Sutrisno/detikcom
    Setelah selesai CT kemudian berjalan kaki didampingi Zhou Liping menuju sebuah bangunan di sekitar Danau Weiming. CT dan istri tercinta Anita Ratnasari Tanjung dan putranya Rachmat Dwiputra Tanjung sempat berpose dengan latar belakang Boya Tower yang berbentuk seperti pagoda. Sebelum meninggalkan Peking University, CT sempat mengucapkan selamat kepada Peking University yang akan segera berulangtahun ke 120 tahun.

    "Pertama saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pimpinan dan staf pengajar di Peking University. Peking University adalah universitas tertua di China dan ini sangat membanggakan. Banyak bangunan bersejarah yang dijaga keindahannya dan ini membuat saya bangga bisa berada di universitas ini. Selamat ulang tahun ke 120 untuk Peking University, semoga semakin maju," ucap CT.

    (van/rna)
    http://news.detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hebohnya Launching Buku 'Chairul Tanjung Si Anak Singkong' Versi China Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top