728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, 22 October 2016

    Kata yang Sering Didengar Anak Bisa Jadi Kata Pertama yang Ia Ucapkan

    Foto: ilustrasi/thinkstock



    Jakarta, Kata pertama yang diucapkan anak saat berusia antara 10 sampai 18 bulan bisa berasal dari lingkungan. Dalam artian, ia mengucapkan kata yang kerap didengarnya dari orang sekitar.

    "Karena anak sering dengar kata itu dan familiar jadinya ya dicontoh sama dia," kata terapis wicara di RS Harapan Kita dan Rumah Terapi, Rita Rahmawati A.md. TW, S.Pd saat berbincang dengan detikHealth.

    "Misal orang tua sering bilang monyet, bisa saja anak bilang monyet juga tapi pemaknaan dia ya monyet untuk nyebut binatang, bukan makna untuk ngatain orang," tambah Rita.

    Menurut Rita, kata yang diucapkan anak juga bisa ia contoh dari kata-kata yang didengar di televisi atau bahkan mainan. Sehingga, Rita menekankan pentingnya pendampingan orang tua ketika anak menyaksikan tayangan televisi atau saat membelikan mainan anak.

    Seperti yang dialami pasangan Garfield dan Marsha, mereka mendengar putranya, Amari Black mengucapkan kata tak senonoh. Ternyata, kata-kata tersebut berasal dari tablet Peppa Pig yang dibelikan orang tuanya sebagai hadiah natal.

    Kepada SWNS, Garfield mengatakan dirinya berharap dengan tablet mainan itu Amari bisa terbantu belajar bicara karena memang ia mengalami kesulitan untuk belajar bicara. Awalnya, garfield mengira Amari mempelajari kata-kata tersebut di day care.

    Tapi kemudian, dia baru menyadari kata-kata itu kerap diucapkan Peppa Pig di tablet mainan Amari. Setelah itu, Garfield mengaku langsung membuang mainan itu karena merasa kesal.

    Nah, ketika anak mempelajari kata-kata yang tak semestinya diucapkan dari yang anak dengar di mainan atau orang sekitar, Rita menyarankan sebaiknya orang tua tidak merespons. Terlebih ketika anak masih berusia 1 sampai 2 tahun.

    "Biasanya anak belum paham maknanya apa, dia asal ucap saja. Kalau begitu, langsung saja orang tua mengalihkan dengan segala sesuatu yang menarik misalnya. Karena nanti anak pasti lupa sama kata itu," tutur Rita.

    (rdn/up)
    http://health.detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kata yang Sering Didengar Anak Bisa Jadi Kata Pertama yang Ia Ucapkan Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top