728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 30 October 2016

    Kesempatan Foto Langka: Lihat Komodo Makan dengan Brutal!

    Potret saat komodo sedang makan (Afif/detikTravel)

    Komodo - Ini adalah pengalaman langka yang sulit didapat. Melihat komodo makan, mematahkan tulang, merobek kulit hingga melahap mangsanya. Ngeri!

    Jumat (28/10) kemarin, detikTravel dalam undangan 'Let's Explore Labuan Bajo with Garuda Indonesia' mampir ke Pulau Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Ikut serta Direktur Utama Garuda Indonesia, Arif Wibowo dan Menteri BUMN Rini Soemarno bersama jejeren direksi perusahaan-perusahaan BUMN lainnya.

    Setelah salat Jumat, acara yang dinanti-nanti tiba. Acara yang hanya dilakukan saat kunjungan tamu-tamu besar seperti para pejabat menteri, yakni feeding komodo alias memberi makan komodo!

    "Feeding komodo hanya dilakukan saat kunjungan tamu-tamu besar. Dulu sering dilakukan tapi akhirnya dilarang, karena akan memanjakan komodo dan dapat membuat mereka malas berburu," tutur salah seorang ranger di sana.
    Rombongan BUMN menonton komodo hendak diberi makan (Afif/detikTravel)Rombongan BUMN menonton komodo hendak diberi makan (Afif/detikTravel)
    Di lapangan luas, 2 ekor kambing yang telah mati satu hari lalu digantung di atas pohon dengan seutas tali. Di bawahnya ada 5 komodo yang menanti, ukuran badannya besar-besar!

    Begitu kambing diturunkan pelan-pelan, para komodo bersiap. Kepala mereka terdongak ke atas. Saat sudah dalam jangkauan, tiap komodo melahapnya, brutal!
    Komodo berebut makan kambing dengan cepat (Afif/detikTravel)Komodo berebut makan kambing dengan cepat (Afif/detikTravel)
    Yang pertama diincar adalah, bagian perut. Sebab, itu adalah bagian yang paling lembut dan mudah disobek. Tahukah kamu, ternyata gigi komodo seperti ikan hiu tapi lebih kecil ukurannya. Fungsi giginya bukan untuk mengunyah, melainkan merobek kulit mangsanya dan kemudian dagingnya akan langsung ditelan.

    Tiap komodo saling tumpah tindih. Berlomba-lomba untuk melahap, sampai masing-masing naik ke atas punggung komodo lain. Gigitan komodo pun sangat kuat. Krak! Beberapa kali terdengar bunyi tulang kambing patah, sungguh brutal.
    Kambing dilumat oleh para komodo (Afif/detikTravel)Kambing dilumat oleh para komodo (Afif/detikTravel)

    Para ranger pun berjaga di pinggir, untuk menjaga komodo-komodo tetap makan dan di wilayahnya. Sekaligus, menjaga para pengunjung untuk tidak terlalu dekat.

    Asal tahu saja, komodo adalah hewan individualis. Namun jika ada satu komodo sedang makan, maka yang lainnya akan ikutan.
    Kambing habis tidak bersisa (Afif/detikTravel)Kambing habis tidak bersisa (Afif/detikTravel)
    Saat berburu, komodo akan menyerang mangsanya dengan gigitan yang berbahaya. Sebenarnya bukan gigitannya, melainkan liurnya yang mengandung 60 bakteri mematikan.

    Begitu kena, komodo akan membiarkan mangsanya. Begitu kondisi mangsanya melemah dan mati, barulah disantap.

    Melihat komodo makan dengan mata kepala sendiri, adalah pengalaman langka nan luar biasa! (fay/fay)

    http://travel.detik.com/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kesempatan Foto Langka: Lihat Komodo Makan dengan Brutal! Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top