728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 25 October 2016

    Kisah Penakluk Teroris Thamrin Beraksi Saat Ledakan PHD Bekasi

    AKBP Ahmad Untung Surianta atau dikenal dengan Untung Sangaji, lagi-lagi berada dekat dari lokasi ledakan. (Liputan6.com/FX Richo Pramono)

    Liputan6.com, Bekasi - Belum juga badannya terlumuri peluh yang mestinya keluar dari balik pori-pori. Niatnya untuk lari pagi di akhir pekan, terpaksa harus diurungkan. Garisan tangannya mungkin membuat ia kerap dekat dengan ledakan.

    Masih melekat jelas di benak AKBP Ahmad Untung Surianta atau dikenal dengan Untung Sangaji, peristiwa 14 Januari lalu. Telunjuknya harus menarik pelatuk dari senjata api miliknya, demi melumpuhkan teroris yang akan meledakkan bom kedua pada peristiwa bom Thamrin, Jakarta Pusat.

    Untung Sangaji, lagi-lagi berada dekat dari lokasi kejadian ledakan. Kali ini, Minggu paginya diusik dengan ledakan yang diduga berasal dari tabung gas 50 kilogram dari dalam outlet Pizza Hut Delivery (PHD) di bilangan Jatimelati, Kota Bekasi, Jawa Barat.

    Bunyi ledakan super hebat yang terdengar dari radius 1,5 kilometer dan merusak bangunan dalam radius 200 meter, membuat insting jiwa prajuritnya tergugah. Kewaspadaan pun sontak menggantikan pendongkrak pacu jantungnya yang terpaksa gagal lari pagi.

    "Keras sekali suara ledakan itu. Saya sempat hampir lari ambil senjata saya di dalam. Tapi saya pikir harus selamatkan dulu warga sekitar," ucap AKBP Untung Sangaji kepada Liputan6.com di lokasi kejadian, Minggu, 23 Oktober 2016.

    Suara rintihan minta tolong menghentikan langkah kakinya. Suara meronta didengarnya begitu akrab di telinga dia sebagai suara seorang ibu tua. Tak salah pendengarannya, Astuti seorang nenek berusia 65 tahun dengan gontai melangkah kecil mencari pertolongan seraya terus meronta.

    "Antara PHD dan belakangnya ada rumah, di samping situ si ibu minta tolong dari dekat reruntuhan puing. Kepalanya berlumur darah. Kalau telat sedikit, mungkin tidak terselamatkan," kata Untung menceritakan kisahnya kemarin pagi.

    Dengan sigap Untung membantu wanita renta tersebut, dan nyawanya pun berhasil ditolong. Seorang warga dengan kagum menuturkan kisahnya kepada Liputan6.com saat menyaksikan keberanian Untung di tengah reruntuhan puing bangunan 3 lantai outlet PHD.

    "Dengan nada lantang mas, dia teriak-teriak peringatkan warga untuk menjauh dari lokasi kejadian. Dia yang pertama kali sterilkan area ledakan sebelum petugas lainnya datang dan membuat batas garis polisi," tutur Nanang, warga Jatimelati, Bekasi.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kisah Penakluk Teroris Thamrin Beraksi Saat Ledakan PHD Bekasi Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top