728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 12 October 2016

    Komatsu Bikin Truk Tambang Otonom Segera Dipasarkan

    Sebuah teknologi otonom tak hanya dibenamkan pada mobil penumpang saja, kali ini sebuah produk automotif truk tambang juga ada. Foto/Komatsu.

    TOKYO - Sebuah teknologi otonom tak hanya dibenamkan pada mobil penumpang saja. Kali ini sebuah produk automotif truk tambang juga dibenamkan sebuah teknologi canggih ini.

    Bagaimana tidak, sebauh truk tambang yang dimensinya sangat besar memungkinkan berjalan sendiri tanpa adanya sopir. Truk tambang ini belum lama ini secara resmi diperkenalkan oleh Komatsu. 

    Truk tambang terbaru milik Komatsu ini hadir dengan teknologi Autonomous Haulage Systems (AHS) yang telah dikembangkannya bersama Rio Tinto sejak 2008. Berbagai pengujian telah dilakukan di berbagai negara, mulai dari Chile hingga Australia. 

    Truk tambang tanpa awak ini merupakan model 930E yang telah digunakan oleh perusahaan tambang Rio Tinto. Truk tambang ini bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan wireless serta punya kemampuan untuk mendeteksi adanya penghalang. 

    Komatsu 930E ini juga diklaim bisa meningkatkan produktivitas di lingkungan tambang, apalagi tidak perlu memutar haluan saat ada di lapangan. Karena truk tambang ini bisa berjalan maju atau mundur secara mulus. 

    Truk ini mempunyai tenaga 2700 hp dan panjang mencapai 15 meter. Tidak ada kabin dan menggunakan desain roda 4WD. Sekali perjalanan, truk tambang otomatis ini bisa membawa beban mencapai 230 ton dengan kecepatan 64 kilometer per jam.

    Pabrikan Komatsu juga telah memperkenalkan produk terbarunya ini di ajang Mineexpo International di Las Vegas. Rencana, mereka akan memasarkan truk tambang tanpa sopir tahun ini.





    (dol
    http://autotekno.sindonews.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Komatsu Bikin Truk Tambang Otonom Segera Dipasarkan Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top