728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 19 October 2016

    Pesawat Antariksa China Sukses Berlabuh di Ruang Angkasa, Jalani Misi Terlama

    Shenzhou-11 saat diluncurkan ke ruang angkasa (REUTERS/Stringer)

    Beijing - Pesawat antariksa milik China, Shenzhou 11 sukses berlabuh pada laboratorium angkasa Tiangong 2. Dua astronot yang ada di dalamnya telah masuk ke dalam laboratorium, untuk menjalankan misi terlama China di ruang angkasa.

    China merupakan negara ketiga setelah Amerika Serikat dan Rusia yang mampu menyelesaikan perjalanan dan prosedur berlabuh di ruang angkasa. 

    Menurut jadwal misi itu, seperti dilaporkan kantor berita resmi China,Xinhua, dan dilansir Reuters, Rabu (19/10/2016), para astronot akan tinggal di ruang angkasa selama 30 hari ke depan dan total menghabiskan waktu 33 hari di ruang angkasa. Misi ini, sebut Xinhua, mencetak sejarah sebagai misi ruang angkasa paling lama di China.

    Dalam misi ruang angkasa berawak tahun 2013, tiga astronot China menghabiskan waktu 15 hari di orbit dan berlabuh pada laboratorium ruang angkasa Tiangong 1. 

    Pesawat Antariksa China Sukses Berlabuh di Ruang Angkasa, Jalani Misi TerlamaFoto: REUTERS/Stringer

    Mengembangkan program ruang angkasa menjadi prioritas otoritas China, dengan Presiden Xi Jinping menyerukan agar negara ini mampu membangun sendiri kekuatan ruang angkasa. China bersikeras, program ruang angkasanya memiliki tujuan damai.

    Shenzhou 11 juga akan membawa tiga eksperimen yang dirancang murid-murid sekolah menengah di Hong Kong dan terpilih dalam kompetisi ilmiah. Salah satu eksperimen yang dimaksud adalah membawa ulat sutra ke ruang angkasa. 

    Di sisi lain, Departemen Pertahanan AS menyoroti peningkatan kemampuan ruang angkasa China. Pemerintah AS menyatakan, pihaknya tengah melakukan aktivitas yang bertujuan mencegah negara lain menggunakan aset ruang angkasa saat konflik terjadi.

    Otoritas China sendiri diketahui berusaha mengembangkan program ruang angkasanya untuk tujuan militer, komersil dan ilmiah. China berusaha mengejar ketertinggalan dari AS dan juga Rusia.


    (nvc/ita)
    http://news.detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pesawat Antariksa China Sukses Berlabuh di Ruang Angkasa, Jalani Misi Terlama Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top