728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 14 October 2016

    Posisi Tidur Miring ke Kiri Membebani Jantung, Mitos atau Fakta?

    Foto: Thinkstock

    Jakarta, Secara anatomis, jantung terletak di rongga dada sebelah kiri. Cukup beralasan jika muncul anggapan bahwa tidur dengan posisi miring ke kiri akan memberi tekanan berlebih pada jantung.

    Sayangnya, anggapan tersebut tidak memperhitungkan susunan organ di dalam tubuh. Dokter jantung dari RS Siloam Kebon Jeruk Jakarta, dr Julio Ulaan, SpJP mengatakan bahwa tubuh manusia sudah dirancang sedemikian rupa agar jantung selalu terlindungi dalam posisi apapun.

    "Tulang iga itu sangat kuat kok. Antar organ juga cukup ada celah, jadi tidak perlu khawatir jantung kenapa-kenapa," kata dr Julio dalam perbincangan dengan detikHealth, Jumat (14/10/2016).

    Tekanan pada jantung baru berbahaya jika berasal dari impact atau benturan keras, misalnya saat terjadi kecelakaan. Sedangkan kalau hanya karena tidur miring ke kiri, dr Julio menyebut efeknya tidak akan terlalu berpengaruh.

    Namun bagi beberapa orang, tidur dengan posisi miring ke kiri memang bisa memicu masalah. Memang tidak ada hubungannya dengan jantung, melainkan dengan hadirnya mimpi buruk saat tidur.

    Sebuah penelitian tahun 2004 menyebut bahwa tidur dengan posisi miring ke kiri menghadirkan mimpi buruk pada 41 persen partisipan. Sedangkan pada partisipan yang tidur dengan posisi miring ke kanan, mimpi buruk hanya dialami oleh 15 persen partisipan.

    (up/vit)
    http://health.detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Posisi Tidur Miring ke Kiri Membebani Jantung, Mitos atau Fakta? Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top