728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 20 October 2016

    Punya pemandian air soda, wisata Tapanuli Utara sekelas Venezuela

    Ilustrasi kolam air soda alami di Venezuela © shutterstock.com

    Merdeka.com - Memanfaatkan air soda untuk membuat minuman Soda Gembira mungkin sudah biasa. Namun, akan lain ceritanya bila air soda ini dimanfaatkan untuk berendam lama-lama. Bukan dengan menuangkan ratusan botol air soda dulu ke kolam renang, melainkan air soda ini murni muncul sebagai sumber alami.
    Hal itulah yang dapat dijumpai di Desa Parbubu, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Selatan. Di sana terdapat sebuah kolam yang airnya mengeluarkan gelembung sebagaimana air soda. Kehadiran kolam air soda ini pun bukan tanpa sebab atau kronologi.
    Menurut catat sejarah dari pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, kolam air soda ini kali pertama ditemukan oleh O Tobing Sihite. Dia adalah seorang bidang yang kebetulan sedang mencangkul tanah waktu itu. Tanpa disengaja, tanah yang ia cangkul tersebut menyemburkan air dari dalam.
    Menariknya, air yang keluar tersebut tidak seperti air tawar kebanyakan. Sebaliknya, air tersebut punya aroma yang mirip dengan soda. Dari situ, air soda alami tersebut lantas dialirkan ke sebuah kolam yang kini dijadikan tempat pemandian soda alami di Tapanuli Utara.
    Bukan saja wisatawan lokal yang berbondong-bondong datang. Tak sedikit pula wisatawan asing yang ingin menikmati sensasi berendam dalam air soda alami tersebut. Apalagi wisata berendam di air soda alami ini terbilang langka ditemui. Bahkan, ada yang menyebut hanya ada dua di dunia.
    Tak heran bila akhirnya Tapanuli Utara disandingkan dengan Venezuela, karena memang di negara Amerika Selatan itulah pemandian air soda alami dikenal selama ini. Berkat kehadiran Aek Rara, istilah lokal untuk menyebut pemandian air soda alami di Tapanuli Utara ini, wisatawan pun tidak perlu jauh-jauh terbang ke Venezuela untuk merasakan sensasi wisata sejenis.
    Meski begitu, jangan terlalu asyik bermain ciprat-cipratan air saat berendam dalam air soda alami. Sebab, saat terkena mata air soda alami tersebut ternyata juga bisa menyebabkan rasa pedih pada mata. Jika sudah demikian, jangan dikucek, melainkan segera tetesi dengan obat tetes mata terbaik.
    Itulah alasan kenapa obat tetes mata selalu penting dibawa dalam setiap perjalanan. Jika ribet menjadi alasan, Braito Original Sekali Pakai dapat menjadi solusi. Dengan kemasan praktis 0,5 ml, obat tetes mata ini dapat memberikan pertolongan pertama lebih dan praktis saat mata mengalami iritasi.
    Teteskan pada bagian mata yang terkena iritasi, baru setelah itu lanjutkan kembali berendam dalam air soda, sembari melihat hamparan sawah hijau dikelilingi Lembah Silindung. Tunggu apalagi, segera agendakan untuk berkunjung ke Tapanuli Utara dan rasakan sensasi berendam air sodanya yang mirip di Venezuela.
    [tmi]
    https://www.merdeka.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Punya pemandian air soda, wisata Tapanuli Utara sekelas Venezuela Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top