728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, 22 October 2016

    Sering Sariawan? Coba Cara Ini

    Ilustrasi: onlymyhealth.com

    SERING mengalami sariawan lidah ataupun bibir? Sariawan merupakan salah satu persoalan kesehatan pada rongga mulut yang paling sering ditemui.

    Biasanya, sariawan dimulai dengan peradangan pada daerah rongga mulut. Misalnya, munculnya bibir kering serta pecah-pecah.

    Pada intinya sariawan merupakan luka pada mulut berupa bulat cekung berwarna kemerahan. Saat tersentuh makanan, sariawan akan terasa perih.

    Walau sariawan sering dihadapi oleh beberapa orang, tetapi bisa dicegah dan disembuhkan. Laman Prevention menyodorkan cara mencegah dan mengobati sariawan. Apa saja itu?

    1. Hindari makanan asam dan manis
    Asam bisa mengiritasi sariawan lebih lanjut, menyebabkan sensasi terbakar dan memperpanjang proses penyembuhan. Perlu diingat bahwa bakteri dalam mulut juga mengubah gula menjadi asam. Ini adalah salah satu penyebab utama kerusakan gigi, tapi mungkin mengakibatkan sariawan juga.

    2. Mengganti pasta gigi
    Menurut Mayo Clinic, pasta gigi dan larutan kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) atau agen berbusa yang umum digunakan bisa memicu sariawan pada beberapa orang. Karena itu, ada baiknya ganti pasta gigi yang bebas SLS seperti pasta gigi rodale peppermint + charcoal brightening yang akan menghilangkan luka sariawan.

    3. Berkumur dengan air garam.
    Garam membersihkan, membantu menyembuhkan dan menghentikan rasa sakit akibat sariawan.

    4. Baking soda
    Baking soda adalah alkali yang membantu menetralkan asam di mulut sambil membersihkan dan menenangkan sariawan pada saat yang sama. Gunakan satu sendok teh baking soda dalam secangkir air hangat dan kumur beberapa kali sehari selama beberapa menit.

    5. Berkumur dengan hidrogen peroksida.
    Berkumur dengan hidrogen peroksida untuk mengobati sariawan. Hidrogen peroksida merupakan antiseptik yang bisa membantu mengatasi sariawan dan mempercepat penyembuhan.

    6. Susu magnesium untuk sariawan
    Selama ini mungkin susu magnesium atau magnesium hidroksida hanya dikenal sebagai solusi untuk mengatasi sakit maag dan sembelit. Nah, ternyata susu magnesium juga membantu dalam mengatasi sariawan.(fny/jpnn)

    http://www.jpnn.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sering Sariawan? Coba Cara Ini Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top