728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 17 October 2016

    Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil di Masa Pancaroba

    Kondisi cuaca bersuhu panas yang kadang diselingi hujan seperti sekarang bisa mengganggu kesehatan, terutama bagi anak-anak. (toronto.ca)

    JAKARTA - Pergantian musim atau masa pancaroba memicu beberapa penyakit. Kondisi cuaca bersuhu panas namun terkadang diselingi hujan lebat berangin ini dapat memicu beragam penyakit.

    Konsultan Laktasi dari Rumah Sari Evasari Awalbros, Dr. Maharani Bayu, M.Ikom, IBCLC menjelaskan, bahwa perubahan cuaca yang tiba-tiba dan suhu yang naik turun seringkali membuat tubuh harus bekerja keras untuk beradaptasi. Akibatnya, tubuh akan mudah sakit dan umumnya kondisi ini lebih sering menyerang anak-anak.

    Oleh karena itu, agar si kecil tetap sehat di musim pancaroba, Dr. Maharani menyarankan untuk memberikan extra vitamin dan mineral. Namun, pastikan vitamin dan mineral yang dikonsumsi merupakan asupan alami bukan suplemen. Seperti extra buah segar, sayur, dan asupan beragam.

     "Asupan beragam dikarenakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh, bila di hari sebelumnya belum terpenuhi. Tetapi berikan dengan porsi kecil namun sering," papar Dr. Maharani kepada Sindonews di Jakarta.

    Namun jika anak tidak suka sayur, buah dan tidak suka minum, bisa diatasi dengan membuatkan jus buah dan sayur atau cocktail dengan buah potong, serta puding buah. Sementara jika anak mulai demam, dianjurkan untuk rutin mencuci tangan. Ini berlaku baik untuk si kecil atau pun orang tua.

    "Karena pencegahan kuman dengan sering mencuci tangan sangat efektif untuk mencegah tubuh tertular penyakit. Usahakan mencuci tangan di bawah menggunakan sabun dan dibilas di bawah air mengalir. Lakukan cuci tangan terutama saat sebelum makan, sesudah makan, setelah tiga sampai empat jam anak bermain, setelah membersihkan anak sehabis buang air untuk orang tua dan sebelum anak tidur," tutur dia. 

    Jika Anda menggunakan AC di rumah, Anda pun harus memperhatikan penggunaannya demi menjaga kesehatan anak-anak Anda di rumah. "Hal mudah yang dapat dilakukan juga adalah matikan AC bila pagi menjelang. Buka jendela, dan jaga agar ventilasi udara dapat bertukar dengan baik. Bila pagi hari matahari bersinar cerah, ajak anak bermain ke lapangan atau ke taman agar dapat optimal beraktivitas fisik dengan udara yang segar," kata dia. 



    (alv
    http://lifestyle.sindonews.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil di Masa Pancaroba Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top