728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 19 October 2016

    Trump atau Hillary? Kaum Muda AS Lebih Pilih Meteor Tabrak Bumi

    Ilustrasi (detikcom/Andhika Akbarayansyah)

    Massachusetts - Kaum muda di Amerika Serikat (AS) merasa tidak puas dengan pilihan capres dalam pilpres tahun ini. Setidaknya satu dari empat pemuda AS lebih memilih meteor raksasa menghancurkan Bumi daripada melihat Donald Trump maupun Hillary Clinton duduk di Gedung Putih. 

    Direktur Pusat Opini Publik pada University of Massachussetts Lowell (UMass Lowell), Joshua Dyck, menyebut pertanyaan tidak serius itu dimaksudkan untuk menaksir ketidakpuasan kaum muda AS terhadap capres tahun ini. Polling digelar oleh UMass Lowell bersama Odyssey Millennials, semacam platform media sosial AS.

    Polling dilakukan terhadap 1.247 responden dengan batasan usia 18 tahun hingga 35 tahun. Tagar #GiantMeteor2016 muncul di Twitter sebagai bagian dari polling ini, merujuk pada ekspresi frustrasi terhadap pilihan capres untuk pilpres 8 November mendatang.

    Seperti dilansir Reuters, Rabu (19/10/2016), hasil polling itu menunjukkan sebanyak 53 persen responden lebih memilih untuk melihat meteor menghancurkan Bumi daripada melihat capres Partai Republik Donald Trump menjadi Presiden AS.

    Sedangkan 34 persen responden lebih memilih meteor menghancurkan Bumi daripada melihat capres Partai Demokrat Hillary Clinton memenangi pilpres. 

    Kemudian dalam kategori lain, sekitar 39 persen responden mengaku lebih memilih Barack Obama menjadi Presiden AS seumur hidupnya, daripada menyerahkan jabatannya kepada Hillary maupun Trump. Sedangkan sebanyak 26 persen responden menyatakan, AS akan lebih baik memilih pemimpin selanjutnya lewat undian acak.

    Secara keseluruhan, sekitar 23 persen responden atau sekitar satu dibanding empat, lebih memilih meteor raksasa daripada Trump maupun Hillary.

    "Jelas, kami pikir mereka (responden) tidak serius. Fakta bahwa satu di antara empat anak muda kita memilih 'Meteor Raksasa', cukup menunjukkan kepada Anda soal ketidakpuasan politik yang dirasakan kalangan muda Amerika," ucap Dyck dalam wawancara via telepon. Hasil berbeda terjadi saat Obama memenangkan pilpres AS tahun 2008, dengan melonjaknya partisipasi golongan muda di AS. 

    Masih dalam polling yang sama, dengan pertanyaan lebih serius, soal capres yang akan dipilih dalam pilpres nantinya, sebanyak 54 persen responden memilih Hillary dan hanya 21 persen responden yang memilih Trump. Hasil itu untuk pertarungan dua kandidat utama. 

    Sedangkan untuk pertarungan empat kandidat, dengan menyertakan kandidat alternatif Gary Johnson dari Partai Libertarian dan Jill Stein dari Partai Hijau, Hillary masih unggul dengan 48 persen suara melawan Trump dengan 20 persen, serta Johnson dengan 10 persen dan Stein dengan 4 persen.

    Polling ini dilakukan antara 10-13 Oktober, dan secara sengaja memasukkan sejumlah besar responden yang kemungkinan tidak akan memilih dalam pilpres mendatang. Hanya sekitar 680 responden, dari 1.247 responden yang menyatakan akan memilih. Margin of error polling ini sekitar 3,2 persen.


    (nvc/ita)
    http://news.detik.com

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Trump atau Hillary? Kaum Muda AS Lebih Pilih Meteor Tabrak Bumi Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top