728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 14 October 2016

    Warga Berlutut di Pinggir Jalan, Beri Penghormatan Terakhir pada Raja Bhumibol

    Foto: REUTERS/Jorge Silva
    Jakarta - Ribuan warga Thailand berlutut di pinggir jalan demi memberikan penghormatan terakhir untuk Raja Bhumibol Adulyadej yang wafat. Warga memenuhi ruas jalan yang menjadi rute mobil jenazah dan rela menunggu berdesakan di bawah terik matahari.

    Lautan orang juga menunggu di sekitar Grand Palace, Bangkok, yang akan menjadi tempat persemayaman jenazah Raja Bhumibol, juga tempat digelarnya ritual pemandian kerajaan secara simbolis. Ambulans yang membawa jenazah almarhum bergerak dari Rumah Sakit Siriraj. 

    Warga Berlutut di Pinggir Jalan, Beri Penghormatan Terakhir pada Raja BhumibolFoto: Reuters TV/Thai Pool

    Seperti dilansir AFP, Jumat (14/10/2016), antrean warga telah dimulai sejak Jumat (14/10) pagi di sekitar Grand Palace. Otoritas Thailand menetapkan hari ini sebagai hari libur nasional agar warga bisa melayat. 

    Warga Berlutut di Pinggir Jalan, Beri Penghormatan Terakhir pada Raja BhumibolFoto: REUTERS/Chaiwat Subprasom

    Dengan pakaian serba hitam, warga Thailand berbondong-bondong memenuhi perempatan dan ruas jalan yang dilalui mobil jenazah serta iring-iringan keluarga kerajaan, termasuk Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn. Pengamanan ketat kepolisian dan militer Thailand terlihat di setiap sudut jalan.

    Baca juga: Serba Hitam, Warga Thailand Antre Hadiri Ritual Persemayaman Raja Bhumibol

    Wujud kecintaan rakyat Thailand terhadap Raja Bhumibol yang memimpin selama 70 tahun ini, terlihat jelas dari banyaknya pelayat yang hadir. Air mata dan sorakan 'Rajanya Rakyat!' mengiringi perjalanan terakhir Raja Bhumibol ke istananya. 

    "Kita tidak lagi memilikinya. Saya tidak tahu apakah saya bisa menerima itu. Saya takut, karena saya tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya," tutur Phongsri Chompoonuch (77) sembari terisak dan memegang foto Raja Bhumibol.

    Warga Berlutut di Pinggir Jalan, Beri Penghormatan Terakhir pada Raja BhumibolFoto: REUTERS/Athit Perawongmetha

    Suthad Kongyeam (53) yang juga melayat di Grand Palace, menyebut kepergian Raja Bhumibol rasanya seperti kehilangan ayah. "Beliau merupakan jantung seluruh negara. Semuanya berguncang. Tidak ada pegangan lagi," ucapnya seperti dilansir Reuters.

    Warga Berlutut di Pinggir Jalan, Beri Penghormatan Terakhir pada Raja BhumibolFoto: REUTERS/Jorge Silva

    Menurut tradisi, abu jenazah setiap anggota keluarga Kerajaan Thailand ditempatkan di dalam guci emas. Namun otoritas istana menyatakan, tradisi itu tidak lagi dilakukan dan jenazah Raja Bhumibol diletakkan di dalam peti dengan sebuah guci kerajaan di sebelahnya. Jenazahnya akan dikremasi yang prosesnya memakan waktu berbulan-bulan.

    Mobil yang membawa jenazah Raja BhumibolFoto: REUTERS/Athit Perawongmetha
    Mobil yang membawa jenazah Raja Bhumibol

    Usai mobil jenazah memasuki kompleks Grand Palace, lautan manusia memenuhi jalanan ibu kota Bangkok. Di dalam Grand Palace, akan digelar ritual pemandian kerajaan secara simbolis -- dengan menuangkan air ke foto mendiang Raja Bhumibol. 

    Warga Berlutut di Pinggir Jalan, Beri Penghormatan Terakhir pada Raja BhumibolFoto: REUTERS/Edgar Su

    Ritual ini merupakan ritual tradisional ajaran Buddha, yang juga termasuk pembacaan doa oleh para biksu selama 100 hari ke depan dan ritual kerajaan lainnya selama beberapa bulan ke depan. Ritual ini juga menandai dimulai masa berkabung nasional, yang ditetapkan otoritas Thailand selama 1 tahun.

    Warga Berlutut di Pinggir Jalan, Beri Penghormatan Terakhir pada Raja BhumibolFoto: REUTERS/Edgar Su

    (nvc/nwk)
    http://news.detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Warga Berlutut di Pinggir Jalan, Beri Penghormatan Terakhir pada Raja Bhumibol Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top