728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, 22 October 2016

    Waspada! Banyak Penipuan Stem Cell

    Stem cell atau sel punca dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Para pakar pun meminta konsumen untuk lebih hati-hati dalam membeli karena marak penipuan. Foto/ Ilustrasi/ Istimewa.

    JAKARTA - Stem cell atau sel punca merupakan jenis sel yang belum berdiferensiasi dan bisa berkembang menjadi berbagai macam jenis sel. Karena keunikannya, stem cell mampu mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak. Sejumlah penelitian yang dilakukan para peneliti pun menemukan banyak manfaat stem cell bagi kesehatan.

    Kepala Laboratorium ReGeniC Yuyus Kusnadi PhD menjelaskan stem cell bisa mengobati berbagai macam penyakit dari ujung kaki hingga ujung kepala, mulai stroke, kebotakan, penyakit mata, jantung hingga ginjal dan tulang. Sayang, hal ini dimanfaatkan sejumlah pihak tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

    "Saking menariknya stem cell bisa mengobati dari ujung rambut sampai ujung kaki, jadi digunakan secara tidak benar. Ada yang jualan produk stem cell ternyata bukan, ada yang mengaku-ngaku, menipu dan mencantumkan nama stem cell hanya agar produknya laris terjual," kata Yuyus dalam media workshop Stem Cell dan Anti-Ageing Revolution Kalbe Farma. 

    Oleh karena itu Yuyus menyarankan masyarakat untuk cerdas melakukan prosedur sehingga tidak salah dalam membeli. Pasalnya kondisi ini akan berpengaruh pada tubuh. 

    "Kalau yang kapsul itu atau obat krim yang dioles kan tidak disimpan dalam freezer sehingga tidak beku. Tidak mungkin stem cell itu masih akan hidup, berbeda dengan minuman probiotik yang memang ada organisme hidupnya,"  pungkasnya. 



    (tdy
    http://lifestyle.sindonews.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Waspada! Banyak Penipuan Stem Cell Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top