728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 30 October 2016

    Waspada! Kulit Merah Bersisik Akibat Psoriasis

    Psoriasis merupakan penyakit yang disebabkan autoimun yang menimbulkan peradangan kronis pada kulit. Efeknya mulai gangguan tidur hingga depresi. Foto/ Ilustrasi/ Istimewa

    JAKARTA - Psoriasis merupakan penyakit yang disebabkan autoimun yang menimbulkan peradangan kronis pada kulit. Umumnya kondisi ini terjadi saat sistem kekebalan tubuh mengirim sinyal yang salah dan mempercepat siklus pertumbuhan sel kulit.

    "Penyakit kulit ini disebabkan oleh autoimun, bersifat kronik dan residif. Sel kulit yang sehat umumnya mengalami pembelahan 28 hari tapi pada pasien psoriasis terjadi lebih cepat setiap 3-5 hari. Akibatnya kulit mati berlebih akan menumpuk seperti bersisik dan bewarna kemerahan," kata Staf Divisi Dermatologi Pediatrik Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FKUI/RSCM dr Gita Rahmayunita SpKK saat peringatan World Psoriasis Day di Hotel Le Meridien, Jakarta, Sabtu (29/10/2016).

    Sementara, gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah adanya kulit merah bersisik yang disertai rasa gatal di beberapa bagian tubuh,  dari kulit kepala, lutut, ketiak, leher, telapak tangan dan telapak kaki. Kendati demikian, penyakit yang bisa terjadi pada semua usia, khususnya orang dewasa ini tidak menyebabkan kematian.

    "Namun psoriasis sangat berdampak pada kehidupan sosial ekonomi penderitanya, mulai gangguan tidur, menimbulkan rasa malu, merasa tidak percaya diri, hingga mengalami depresi dan bahkan menyulitkan kehidupan bekerja mereka. Dukungan emosional kepada penderita dan penghilangan stigma negatif merupakan dukungan terpenting bagi peningkatan kepercayaan diri mereka," pungkasnya. 



    (tdy
    http://lifestyle.sindonews.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Waspada! Kulit Merah Bersisik Akibat Psoriasis Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top