728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 7 November 2016

    7 Misteri di Internet Ini Masih Belum Terpecahkan

    Ilustrasi internet. (Doc: CNET)

    Liputan6.com, Jakarta - Internet atau dunia maya, selain dapat menjadi tempat yang indah, namun dapat juga menjadi tempat yang aneh. Kategori "aneh" pun terkadang sering dihubungkan dengan hal-hal misterius dan menyeramkan.

    Di era internet yang berkembang pesat ini, tak mengherankan, banyak pengguna internet melihat dunia tanpa batas ini sebagai kotak pandora yang penuh dengan misteri yang belum terpecahkan. 

    Dari sekian banyak misteri yang ada di internet, tim Tekno Liputan6.com merangkum 7 misteri di internet yang layak kamu ketahui. Tanpa panjang lebar, simak daftar lengkapnya berikut ini.

    1. Webdriver Torso

    Sebuah kanal video misterius dengan nama akun Webdriver Torso tiba-tiba muncul di YouTube pada September 2013. Akun tersebut mengunggah satu video berdurasi 11 detik tiap menit setiap harinya.

    Video tersebut hanya menampilkan beragam bentuk kotak berwarna merah dan biru dan ragam suara "bip" yang aneh. Hingga saat ini masih tidak ada penjelasan apa arti dari video tersebut. Hanya saja, beberapa teori konspirasi menghubungkan suara dan gambar di video tersebut sebagai cara untuk menghubungi mata-mata.




    Pada 2014, Google mengungkap bahwa akun ini merupakan akun yang digunakan untuk uji kualitas layanan berbagi video tersebut. Namun, banyak pihak skeptis, sehingga menilai akun dan video tersebut memiliki maksud tertentu.

    2. A858

    Kamu yang pernah atau sering menggunakan Reddit pasti sudah tidak asing lagi dengan sub-reddit misterius bernama A858. Muncul pertama kali pada 2011, halaman ini didedikasikan untuk menampilkan sejumlah kode dengan urutan panjang dan membingungkan yang tertulis dalam bahasa heksadesimal.

    Sejak kemunculannya di Reddit, banyak pengguna Reddit berusaha mati-matian untuk mengungkap arti sebenarnya kode tersebut. Menariknya, posting-an A858 muncul hampir setiap harinya ini dan beberapa di antaranya berhasil dipecahkan.

    Saat terungkap, kode tersebut berisikan kata-kata tak beraturan atau sebuah kalimat sepele. Meski begitu, masih banyak lagi kode-kode yang belum terungkap dan terpecahkan hingga saat ini.

    3. Peretasan NASA

    Pada 2002, Gary McKinnon melakukan beberapa penelitian tentang keberadaan makhluk luar angkasa. Tak puas hanya sebatas menggunakan situs pencarian, Google, McKinnon nekat meretas ke jaringan NASA untuk mendapatkan informasi lebih valid tentang hal yang ia cari.

    Tak jauh berbeda dengan meretas akun Facebook, McKinnon menemukan koneksi desktop remote yang tidak menggunakan kata sandi apa pun untuk melindunginya. Apa yang ia temukan cukup mengejutkan banyak orang dan ahli hingga saat ini.

    Tak sengaja, ia menemukan sebuah foto sebuah pesawat terbang di luar angkasa. Belum sempat mendapatkan lebih banyak informasi, aksesnya langsung diputus oleh NASA.

    Karena tindakannya, pihak berwenang menangkap McKinnon dengan tuduhan sudah menghancurkan komputer pemerintahan dan menyebabkan sejumlah kerusakan besar. Untungnya, tuduhan tersebut tidak pernah terbukti dan McKinnon bebas dari tuduhan tersebut.

    So, apakah alien benar-benar ada?

    4. Bitcoins


    Sebagai salah satu mata uang yang "laris" di dunia digital, Bitcoin dicetuskan oleh seorang atau beberapa orang programmer di bawah nama Satoshi Nakamoto.

    Diperkenalkan pertama kali secara global pada 2009, banyak teori dan dugaan mengenai identitas sebenarnya Nakamoto. Sayang, teori dan dugaan itu tidak ada yang menemukan titik terang.

    Tidak seperti mata uang yang berlaku pada umumnya secara global, Bitcoin tidak terikat dengan peraturan dan dapat digunakan di transaksi secara anonim. Karena kedua hal inilah, Bitcoins saat lebih banyak digunakan untuk bertransaksi di "Dark Web", mengingat satu-satunya cara untuk bertransaksi di sana hanya melalui Bitcoins.

    5. Anonymous


    Beberapa tahun belakangan ini, grup yang mengklaim diri mereka sebagai "hacktivists" ini makin terkenal saja. Tampil dengan topeng Guy Fawkes, grup yang berisikan peretas berbakat dan jenius ini sering menargetkan serangan ke orang-orang atau pihak-pihak yang dirasa patut dihukum dan "ditelanjangi".

    Biasanya, metode yang mereka gunakan adalah dengan "membanjiri" sebuah websitehingga server-nya kewalahan. Tampil sebagai sosok Robin Hood di era digital, mereka pandai menemukan hal sensitif yang berhubungan dengan targetnya dan memanfaatkannya untuk menyerang. 

    Baru-baru ini mereka menyatakan perang terhadap kelompok ISIS. Uniknya, mereka membanjiri website ISIS dengan beragam gambar porno dan menutup paksa beberapa website di antaranya. Hingga saat ini tidak ada yang dapat mengetahui berapa jumlah dan identitas masing-masing anggota Anonymous.

    6. Mariana Web



    Tahukah kamu, ada jaringan internet yang lebih dalam daripada 'deep web' dan 'dark web'? Diberi nama berdasarkan curuk terdalam di lautan, jaringan ini mustahil diakses dan diselubungi oleh misteri dan spekulasi.

    Kabarnya, di dalamnya dapat ditemukan berbagai rahasia terbesar di dunia antara lain tentang keberadaan alien dan lokasi keberadaan kota Atlantis.

    Tak seperti 'the deep web' yang dapat diakses menggunakan Tor, untuk mengakses Mariana Web, seseorang harus menggunakan Polymeric Falcighol Derivation, yang memerlukan komputer berkemampuan kuantum. Berhubung saat ini masih belum ada komputer yang memiliki kemampuan kuantum, keberadaan Mariana Web ini masih sering diperdebatkan.

    7. Cicada 3301

    Salah satu misteri internet paling menakjubkan hingga saat ini adalah Cicada 3301. Pertama kali muncul di internet pada 2012, Cicada 3301 mengeposkan sebuah deretan angka yang menampilkan bentuk ngengat Cicada dengan caption berikut:
    Hello. We are looking for highly intelligent individuals. To find them, we have devised a test. There is a message hidden in this image. Find it, and it will lead you on the road to finding us. We look forward to meeting the few that will make it all the way through. Good Luck.
    Saat muncul, pengguna internet pun langsung "menggila" dan bergegas untuk memecahkan misteri pesan tersebut dan menemukan petunjuk.

    Sejak itu, beberapa petunjuk baru muncul tiap tahunnya hingga 2015. Setiap kali petunjuk baru muncul, tiap individu dipaksa untuk keliling dunia untuk menemukan petunjuk tersebut secara langsung.



    Tak hanya menampilkan deretan angka berbentuk aneh, grup misterius ini sering kali memberikan petunjuk yang merujuk kepada bentuk musik, teks filsafat, dan sastra terkenal. Banyak yang berspekulasi ini merupakan cara yang digunakan oleh CIA dan NSA untuk merekrut anggota baru.

    Hingga kini, belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab menyebarkan kode ini dan tidak ada orang yang mengakui telah berhasil memecahkan kode hingga selesai.

    (Ysl/Why)
    http://tekno.liputan6.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 comments:

    1. This article conflates the deep web with the dark web. It is factually inaccurate. The McAfee report refers to the dark web, not the deep web. Check your own source. The deep web is any website you need a password to get into. Your bank, for instance, is an example of the deep web. It sits on the web, but in a deeper layer that is not openly accessible without authority. Other instances would be old articles on news sites that no longer show up on Google. They exist on the web to anybody with the patience to find them, but they are forgotten. The dark web is the nefarious underbelly of the internet, only accessible by encryption. It is where CP, drugs, credit cards, and Netflix accounts are sold. Install Tor on your computer and look for a spider that trolls the dark web and you will find some shady stuff. Dark Web vpn for torrenting

      ReplyDelete

    Item Reviewed: 7 Misteri di Internet Ini Masih Belum Terpecahkan Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top