728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 25 November 2016

    Aldabra, pulau karang yang dikuasai ratusan ribu kura-kura raksasa

    Aldabra giant tortoise. © Arkive.org

    Merdeka.com - Ini adalah Aldabra, atol terbesar kedua di dunia yang juga dikenal sebagai pulau kura-kura raksasa. Di sini kura-kura mendominasi seluruh pulau, mengalahkan populasi manusia.
    Dilansir Touropia, Aldabra Adalah Bagian Dari Pulau Terluar Seychelles. Letaknya Sekitar 1.100 kilometer Dari Mahe, pulau Terbesar di Seychelles. Aldabra sudah dikenal oleh bangsa Persia, Arab, dan Portugis sejak berabad-abad lalu. Namun karena lokasinya yang terisolasi, hingga kini Aldabra hampir tak tersentuh tangan manusia.
    Aldabra giant tortoise Arkive.org

    Aldabra giant tortoise Arkive.org
    Menurut laporan Lonely Planet, dulu Aldabra diberi nama Al-Hadra atau Al-Khadra oleh para pelaut dari Arab. Ini karena kondisi alamnya yang keras dan senantiasa terpanggang matahari. Nama ini kemudian dicantumkan pula pada peta buatan bangsa Portugis yang menjelajahi Aldabra pada abad 16.
    Sejak dulu, Aldabra dikenal karena spesies kura-kura raksasa yang mendiami wilayah tersebut. Potensi eksploitasi terhadap Aldabra Giant Tortoise (Aldabrachelys gigantea), penyu, dan ikan merupakan alasan para pelaut mendatangi Aldabra. Namun tak ada yang mendiami wilayah ini. Saat ini pun, populasi manusia di Aldabra hanya 12 orang. Mereka semua adalah peneliti yang melakukan observasi lingkungan di sana. Sementara jumlah kura-kura raksasa di sana mencapai 152.000.
    Aldabra giant tortoise Arkive.org


    Aldabra giant tortoise Arkive.org Aldabra merupakan habitat dari populasi kura-kura raksasa terbesar di dunia selain Galapagos. Kura-kura ini terkenal karena bentuknya yang luar biasa, dengan berat mencapai 417kilogram dan panjang tubuh hingga 1,3 meter.

    [tsr]
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Aldabra, pulau karang yang dikuasai ratusan ribu kura-kura raksasa Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top