728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 8 November 2016

    Bahayakah Sering Menahan Buang Air Besar?

    Sering atau sulit BAB selama tiga hari ternyata bukan tanda suatu penyakit.

    Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang sering menahan buang air besar, terutama di pagi hari. Tak jarang, sebagian besar dari Anda justru lebih memilih menahan buang air besar daripada harus membuang kotoran di kantor atau luar rumah.

    Alasannya sederhana, karena tidak nyaman dan tak terbiasa buang air besar selain di rumah sendiri. Padahal, menahan buang air besar ternyata dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan Anda.

    Menurut Dokter Penyakit Dalam Lenox Hill Hospital New York, Keri Peterson, menahan buang air besar memang dapat memberi dampak buruk pada kesehatan Anda. Tetapi, itu terjadi jika Anda mampu menahan keinginan buang air besar.

    Salah satu dampak terlalu sering menahan buang air besar adalah sembelit. Semakin lama kotoran berada di usus besar Anda, ini akan membuatnya semakin sulit keluar, dan Anda akan merasakan ketidaknyamanan di perut bahkan pendarahan di dubur ketika Anda memaksanya keluar.

    Seiring waktu, kondisi tersebut bisa memicu wasir atau retak di jaringan dubur Anda. Apabila ini terjadi, Anda akan merasa tidak nyaman saat duduk, kesakitan  di bagian dubur hingga pendarahan. Pengobatan wasir dapat dilakukan mulai memakai krim penghilang sakit hingga operasi jika wasir sudah semakin parah, dilansir dari Womenshealthmag,Senin (31/10/2016).

    Anda bisa membiasakan untuk membuang air di pagi hari setelah bangun tidur atau sebelum berangkat kerja. Salah satu cara yang dapat memancing buang air besar di pagi hari yaitu dengan melakukan olahraga.

    Selain itu, usahakan juga untuk makan malam dengan makanan yang kaya serat, sehingga di pagi hari usus Anda bisa mengeluarkan kotoran segera setelah bangun tidur atau minum segelas air putih.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bahayakah Sering Menahan Buang Air Besar? Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top