728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 25 November 2016

    Ditemukan! Sekitar 1.500 Virus Baru

    Foto: thinkstock

    Jakarta, Sebuah tim internasional yang dipimpin oleh peneliti dari Australia dan China dilaporkan telah berhasil mengidentifikasi sekitar 1.500 jenis virus baru. Tapi tenang saja karena virus-virus tersebut bukan jenis yang menjangkiti manusia.

    Para ahli mengatakan pandangan dunia terhadap virus pada umumnya masih sempit hanya fokus pada yang bisa menyebabkan penyakit saja. Padahal nyatanya ada bermacam-macam jenis virus dan terbukti dari ditemukannya banyak jenis virus baru ketika peneliti melihat kasus infeksi pada invertebrata seperti serangga, cacing, dan keong.

    Dipublikasi dalam jurnal Nature, beberapa virus yang baru ditemukan bahkan memiliki karakteristik unik sehingga tidak mudah untuk mengkategorinya.

    "Ini adalah studi luar biasa yang memberikan kita penemuan virus terbesar sampai saat ini. Tidak diragukan lagi studi ini akan mengubah pandangan kita tentang dunia dan filogeni virus," komentar Profesor Elodie Ghedin dari New York University seperti dikutip dari BBC, Jumat (25/11/2016).

    Beberapa invertebrata seperti nyamuk misalnya memang bisa memiliki virus berbahaya yang dapat menginfeksi manusia. Oleh karena itu menurut Prof Elodie temuan virus baru tersebut tetap butuh pengawasan meski kecil kemungkinannya untuk jadi berbahaya.

    "Apa yang sudah kita pelajari dari studi semacam ini adalah bila kita coba lihat ke tempat yang tak pernah dijamah sebelumnya maka kita akan menemukan kekayaan baru di luar dugaan," kata Prof Elodie.

    "Ini menjadi sebuah kasus kuat untuk memperluas pengawasan virus pada invertebrata dalam misi kita memahami dan memprediksi kemunculan serangan virus baru," pungkasnya.

    (fds/vit)
    https://health.detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ditemukan! Sekitar 1.500 Virus Baru Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top