728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, 25 November 2016

    Tersangka Teroris Majalengka Buat Bom untuk Target Objek Vital di Jakarta

    Jumpa pers terkait penangkapan tersangka teroris Majalengka di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (25/11/2016). Foto: Rini Friastuti/detikcom

    Jakarta - RPW (24), tersangka kasus terorisme yang ditangkap di Majalengka, Jawa Barat, diketahui meracik bahan peledak untuk dijadikan bom atas pesanan. RPW diduga berkaitan dengan kelompok teroris Bahrun Naim. 

    "Tim Densus 88 menangkap RPW di Majalengka, yang bersangkutan kaitannya dengan kelompok Bahrun Naim yang ada di Timur Tengah. Yang bersangkutan ini mencoba membuat ramuan dari bahan kimia dan menghasilkan struktur bahan kimia yang bisa dijadikan bom," kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Kombes (Pol) Rikwanto kepada wartawan di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (25/11/2016).

    Tim Densus dalam jumpa pers menghadirkan sejumlah barang bukti berupa bahan baku peledak 'ramuan' untuk membuat bom berdaya ledak tinggi. Bahan baku tersebut di antaranya Trinitrotoluena (TNT), bahan baku RDX, bahan baku HMTD, bahan baku ANFO, dan bahan baku black powder.

    "Beberapa senyawa kimia ini bisa digunakan untuk merakit bom dan akan menghasilkan ledakan dahsyat. Kegiatannya dibantu oleh rekannya yang saat ini masih dalam pencarian," jelas Boy.

    Pemesan bom kepada RPW menurut Rikwanto berasal dari pulau Jawa, Sumatera dan Nusa Tenggara. Sementara untuk membuat bom, RPW diduga mendapat aliran dana dari Arab Saudi, Taiwan dan Malaysia dari orang Indonesia yang bekerja sebagai TKI di luar negeri.

    "Dia dapat aliran dana dari Arab Saudi, Taiwan dan Malaysia, dari orang Indonesia yang ada di sana, yang bekerja sebagai TKI, yang ter-radikalisasi oleh kelompok-kelompok ini. Dia (pengirim dana) mengirimkan dana (ke RPW) untuk perjuangan bersama," jelas Rikwanto.

    Rikwanto mengatakan nantinya bom ini akan diledakkan di beberapa tempat vital yang ada di Indonesia. "Pada waktunya seperti biasa sasaran ditujukan ke DPR/MPR, Mabes Polri Mako Brimob Kelapa Dua, kedutaan-kedutaan tertentu, stasiun televisi, tempat ibadah dan kafe," kata Rikwanto.

    Atas perbuatannya, RPW dijerat UU Terorisme, dengan sangkaan melakukan permufakatan jahat, membuat, menyimpan dan menguasai bahan peledak. 
    (rni/fdn)
    https://news.detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tersangka Teroris Majalengka Buat Bom untuk Target Objek Vital di Jakarta Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top