728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, 21 March 2017

    Menikmati Panorama Alam nan Mempesona di Air Terjun Kedung Kandang

    Kedung Kandang 

    TRIBUNNEWS.COM, GUNUNGKIDUL - Satu tempat wisata alam yang tersembunyi di wilayah DIY adalah Kedung Kandang.
    Kedung Kandang merupakan sungai yang mempunyai pesona alam yang menawan.
    Sungai yang terletak di pegunungan padukuhan Gunung Botak, Nglanggeran, Pathuk, Gunungkidul itu mengalirkan air terjun yang alami.
    Tribun Jogja/ Gilang Satmaka
    Tribun Jogja/ Gilang Satmaka (Kedung Kandang)
    Aliran sungai yang menuruni pegunungan batu-batuan besar menyebabkan sebuah air- air terjun kecil yang menawan.
    Menurut warga sekitar air-air terjun itu akan deras aliran airnya jika setelah hujan di malam harinya.
    "Air-air terjun di kedung Kandang ini, airnya mengalir deras dan tampak tambah indah kalau malam harinya turun hujan, jadi pengunjung yang datang pagi-pagi bisa menikmati indahnya air terjun dengan aliran air yang deras," ujar Parti, seorang petani yang sedang menanam padi di sekitar Kedung Kandang.
    Lokasi di sekitar Kedung Kandang mempunyai panorama persawahan dengan terasiring yang mempesona.
    Jalanan terjal berbatu yang ekstrim menjadi medan yang wajib dilalui para pengunjung untuk bisa menikmati Kedung Jati.
    Tribun Jogja/ Gilang Satmaka
    Tribun Jogja/ Gilang Satmaka (Kedung Kandang)
    Dengan berjalan Kaki sejauh kurang lebih 1 KM dari tempat parkir motor, pengunjung akan menikmati panorama perbukitan dengan terasiring sawah yang tampak asri.
    Kedung Kandang terlihat sangat indah dengan air terjun yang melewati batuan-batuan besar dan nampak bertingkat dari kejauhan.
    Pengunjung dapat menikmati Kedung Kandang dari sebuah jembatan bambu buatan yang menjadikan tempat tersebut masih sangat alami.
    Suasana pedesaan yang masih alami membuat kedung Kandang sangat nyaman untuk dikunjungi.
    Jika anda lelah saat melakukan perjalanan sejauh 1 Km tersebut, Anda bisa berhenti sejenak dan bersantai sembari melepas lelah di beberapa gazebo yang disediakan di sudut-sudut jalan setapak yang ekstrim menuju kedung Kandang.
    Kicau-kicauan burung di pepohonan rindang di sekitar bukit, serta pemandangan para petani yang sedang bercocok tanam di persawahan terasiring, bisa menjadi penawar lelah.
    Sesampainya di lokasi, beberapa anak kecil di pedukuhan Gunung Botak yang sedang mandi di bawah air terjun kedung Kandang, menjadi pemandangan menarik dan bisa mengundang gelak tawa.
    Senyum dan sapa yang ramah dari para penduduk sekitar, membuat nyaman di hati dan betah untuk berlama-lama di tempat tersebut.
    Heru Purwanto selaku pihak pemasaran kelompok Sadar Wisata Nglanggeran, air terjun di kedung Kandang tersebut baru benar-benar diperhatikan kemunculannya saat musim hujan di tahun 2015.
    "Setelah itu kami mendokumentasikan air terjun yang muncul indah tersebut, dan kami publikasikan melalui media sosial," tambah Heru.
    Ia juga mengatakan bahwa, dulu pengunjung yang akan masuk ke kawasan kedung Kandang dikenakan biaya seikhlasnya.
    Tetapi banyaknya pengunjung yang mulai berdatangan, tarif masuk ke lokasi Kedung Jatipun sudah ditentukan.
    "Saat ini, untuk masuk ke Kedung Kandang tersebut, dikenakan biaya sebesar Rp7000 per orang, hasil biaya tersebut digunakan untuk biaya promosi dan penambahan-penambahan fasilitas yang masih kurang," ujar Heru.
    Pengelola desa wisata Nglanggeran juga masih menggunakan dana kasnya untuk terus menunjang fasilitas-fasilitas di Kedung Jati.
    Heru juga menambahkan bahwa pihak pengelola desa wisata Nglanggeran masih menunggu hasil pengajuan proposal ke pemerintah, yang masih diproses pemerintah.
    Untuk menuju lokasi Kedung Kandang, pengunjung hanya perlu menuju ke arah timur dari pegunungan Nglanggeran sejauh 2,5 KM, hingga ada sebuah jalan yang menurun di sebuah jembatan lalu berbelok ke kanan
    Papan penunjuk ke Kedung Kandang sudah terlihat di kawasan tersebut.
    Akses Jalan tanah liat dari jalan aspal menuju ke parkiran Kedung jati sudah diperkeras dengan batu-batuan dan cor semen. (*)
    http://www.tribunnews.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menikmati Panorama Alam nan Mempesona di Air Terjun Kedung Kandang Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top