728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, 16 March 2017

    Momen yang Dikenang JK Soal Sosok Hasyim Muzadi

    Foto: Istimewa

    Jakarta - 

    Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku kehilangan tempat bertanya setelah wafatnya KH Hasyim Muzadi. JK mengaku memiliki beberapa kenangan dengan mantan Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama itu.

    "Banyak hal. Salah satu hal yang agak khas waktu itu habis bom bali. Bom bali ini, pariwisata bali menurun luar biasa," kata JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2017). 

    Pasca bom itu, masyarakat enggan berkunjung ke Bali karena faktor keamanan. Indonesia pun harus berusaha keras untuk memperbaiki citra Bali di mata dunia internasional. JK melihat peluang ada saat libur panjang bagi masyarakat. 

    Waktu itu, ada salah satu libur agama Islam dan JK menginginkan agar ada perpindahan waktu libur. Maka diundanglah Ketua PBNU Hasyim MUzadi dan Ketua PP Muhammadiya Syafie Maarif untuk makan siang.

    "Salah satu yang saya ingat bagaimana Bali itu dikembangkan lagi, dengan cara long week day. mengubah libur. Ingat waktu kalau Selasa liburnya, hari rayanya liburnya Senin, kalau Rabu liburnya Jumat," kata JK. 

    "Saya undang beliau sama Buya makan siang, ternyata dia puasa. Saya tanya, apa yang bapak kerjakan kalau hari maulid atau Israj Miraj? Tidak ada. kadang pergi tabligh. Kalau itu bisa nggak kita pindahkan liburnya? Oh susah jawabnya," kata JK.

    Tidak habis akal, JK mengubah bentuk pertanyaanya dengan mengatasnamakan pemerintah untuk mengganti libur agama itu. 

    "Saya balik. Kalau pemerintah memutuskan, Bapak setuju tidak? Dia (Hasyim Muzadi) bilang, NU tidak keberatan. Jadi dalam waktu dua hari selesai itu persoalan. Karena beliau mengatakan tidak keberatan kalau pemerintah memindahkan. Karena beliau berdua setuju. setuju semua. NU tidak keberatan," kenang JK.

    Berdasarkan penulusuran detikcom, momen terakhir JK dan Hasyim Muzadi bertatap muka saat JK menjenguk kawannya itu di RS Lavalette, Malang pada Januari 2017 lalu.

    Wapres JK kala itu didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Wali Kota Malang Moch Anton. Mereka menjenguk Hasyim, yang menjalani perawatan di Ruang Saphire VIP A-06.

    Selama 15 menit bertemu, JK menyempatkan diri berdoa bersama dengan Hasyim Muzadi. JK duduk di sebelahnya dan Hasyim Muzadi duduk di atas ranjangnya. Keduanya berdoa sambil menaikkan kedua tangannya ke atas.

    Hari ini, JK akan melepas jenazah dari KH Hasyim Muzadi. Jenazah ulama NU ini akan dimakamkan di Pondok Pesantren Al-Hikam Depok, Jawa Barat. 
    (tfq/erd)

    https://news.detik.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Momen yang Dikenang JK Soal Sosok Hasyim Muzadi Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top