728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, 15 March 2017

    Studi: Kafein Tingkatkan Risiko Keguguran

    Hindari konsumsi kafein sejak masa mempersiapkan kehamilan hingga melahirkan. (Pixabay/Diapicard)

    Risiko keguguran meningkat saat pria atau wanita, mengonsumsi lebih dari dua kali minuman yang mengandung kafein dalam sehari, di masa-masa konsepsi atau masa persiapan kehamilan. Risiko semakin meningkat saat ibu hamil mengonsumssi minuman kafein dua kali sehari, pada tujuh minggu pertama kehamilan. Hasil penelitian tersebut ditemukan oleh March of Dimes, organisasi nirlaba kesehatan ibu dan bayi, di Amerika Serikat.
    Selama ini konsumsi kafein pada ibu hamil diduga memegang peranan dalam meningkatkan risiko keguguran. Akan tetapi, penelitian ini membuktikan bahwa konsumsi kafein yang dilakukan pria pada proses konsepsi, juga dapat meningkatkan risiko tersebut.
    Meski begitu, penelitian ini tidak dapat menjelaskan secara ilmiah apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Peneliti hanya mencurigai adanya hubungan antara konsumsi kafein dengan risiko keguguran. U.S National Institute of Child Health and Human Development, mengatakan bahwa ini adalah penelitian observasi, sehingga tidak dapat membuktikannya, tetapi dapat dijadikan acuan.
    Katherine Sapra, peneliti dari U.S National Institute of Child Health and Human Development, menemukan data di Texas dan Michigan antara tahun 2005 dan 2009, yang menyebutkan bahwa konsumsi kafein pada pria dan wanita saat proses konsepsi, dapat meningkatkan risiko keguguran hingga 74 persen. Sementara konsumsi multivitamin saat konsepsi dan trimester awal kehamilan, dapat menurunkan risiko keguguran hingga 79 persen.
    Untuk lebih amannya, bagi Anda yang sedang berusaha untuk mendapatkan kehamilan, sebaiknya mengurangi konsumsi kafein seperti kopi, teh, soda, cokelat, dan minuman berenergi, menghentikan konsumsi alkohol, dan memeriksakan diri ke dokter secara rutin.

    http://www.1health.id/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Studi: Kafein Tingkatkan Risiko Keguguran Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top