728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, 5 March 2017

    Wisatawan Minati Durian Bhineka Bawor

    lustrasi durian Kanjeng. (Blog Duren Kanjeng)

    Banyumas - Durian bhineka bawor diminati wisatawan dari berbagai daerah yang mengunjungi kawasan agrowisata buah durian di Desa Alasmalang, Kabupaten Banyumas.
    Salah seorang wisatawan asal Cilacap, Ambar Siswati, mengaku telah dua kali datang ke sentra durian bhineka bawor yang dikelola Sarno Ahmad Darsono itu. Menurutnya, durian bhineka bawor memiliki rasa yang mantap sehingga membuat ketagihan.
    "Rasanya enak, mantap, dan membuat ketagihan. Besok pas musim durian lagi, saya akan datang ke sini lagi," kata Ambar, di Banyumas, Minggu (26/2).
    Ia mengatakan durian bhineka bawor berbeda dengan durian lainnya karena dagingnya tebal dan rasanya manis. "Pokoknya, enggak ada duanya, mantap," katanya.
    Pemilik sentra durian bawor, Sarno Ahmad Darsono (51), mengaku mempunyai keinginan untuk menyaingi durian montong dari Thailand sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.
    Oleh karena itu, dia sejak 1996 melakukan rekayasa dalam pembudidayaan buah durian dengan teknik yang diberi nama sarakapita sehingga menghasilkan durian bhineka bawor yang memiliki kulit tipis, daging tebal berwarna kuning, dan rasanya manis.
    Bahkan, kata dia, durian bhineka bawor dapat ditanam di berbagai daerah, baik dataran tinggi, dataran rendah, maupun pesisir pantai.
    "Tanaman durian bhineka bawor merupakan hasil modifikasi dari beberapa jenis durian, di antaranya sunan, petruk, montong, dan sitokong yang dijadikan satu (dengan cara okulasi) sehingga bagian bawahnya akan seperti akar bakau," katanya.
    Sarno mengatakan harga durian bhineka bawor mencapai Rp 50.000 per kilogram, dengan berat satu butir durian itu berkisar 4-15 kilogram. Dia mengaku dalam setengah hari bisa menjual 1 ton durian bhineka bawor.
    "Pembelinya datang dari berbagai daerah, termasuk luar negeri, seperti Singapura dan Australia. Selain dimakan di tempat, durian itu juga dibawa pulang," katanya.
    Bahkan, kata dia, kadang ada yang pesan lebih dulu agar tidak kehabisan. Kendati demikian, dia mengakui jika dalam musim durian kali ini produksinya menurun akibat tingginya curah hujan.
    "Bunganya rontok terkena hujan sehingga produksinya menurun," katanya.


    /FER
    ANTARA
    http://www.beritasatu.com
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wisatawan Minati Durian Bhineka Bawor Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
    Scroll to Top