728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, 3 April 2017

    Ternyata ini kepanjangan dari 8 nama makanan khas Indonesia

    Brilio.net - Indonesia memang dikenal memiliki beragam kuliner yang melimpah. Jajanan-jajanan yang biasa dijajakan di pinggir jalan pun terbilang sangat banyak. Bahkan setiap daerah pasti memiliki jajanan khas yang belum tentu dijumpai di daerah lainnya.
    Kamu mungkin sering mendengar jajanan seperti es doger, cuanki, ataupun ketoprak. Tapi tahukah kamu kalau jajanan-jajanan ini sebenarnya memiliki kepanjangan yang nggak banyak orang tahu?
    Nah, dirangkum oleh brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (2/4), berikut kepanjangan dari delapan nama makanan khas Indonesia. Bukti orang Indonesia kreatif, nih!
    1. Es doger.

    Es doger merupakan jajanan yang berbahan dasar susu dan parutan kelapa, ditambah dengan tape, ketan hitam, buah alpukat, dan lain-lain. Makanan segar yang satu ini mendadak jadi viral setelah sebuah akun humor di Twitter mengatakan kalau kepanjangan es doger adalah Es Dorong Gerobak.

    2. Cuanki.

    Tak cuma es doger, cuanki juga mendadak jadi perbincangan netizen. Makanan sejenis bakso lengkap dengan tahu dan mi ini biasanya dijual pedagang keliling. Nggak heran kalau kepanjangan Cuanki adalah Cari Uang Jalan Kaki.

    3. Ketoprak.

    Nama makanan khas Betawi ini mungkin nggak asing lagi di telingamu. Meski asal usul dari nama ketoprak tersebut tidak diketahui dengan pasti, tapi ternyata nama ketoprak tersebut merupakan singkatan. Ketoprak merupakan singkatan dari ketupat, toge digeprak.

    4. Colenak.

    Colenak merupakan nama kudapan yang dibuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar dan disantap dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Karena ketika dicocol jadi tambah enak, maka kepanjangan dari jajanan ini adalah Dicocol Enak.

    5. Cimol.

    Jajanan yang satu ini merupakan panganan yang dibuat dari tepung kanji. Bentuknya biasa bulat. Ada banyak versi dari kepanjangan cimol. Namun yang paling sering disebut adalah Aci Digemol atau Aci sa Cemol.

    6. Cilok.

    Hampir sama seperti cimol, cilok juga terbuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat. Karena cilok biasa disajikan dengan cara ditusuk, jadi nggak heran kalau kepanjangannya adalah Aci Dicolok.

    7. Batagor.

    Kamu pasti akrab sama panganan yang satu ini. Batagor biasa terdiri dari bakso dan tahu goreng. Jadi banyak orang nyebut jajanan satu ini sebagai batagor, yang merupakan singkatan makanan dari bakso dan tahu goreng.

    8. Comro.

    Comro atau kadang disebut combro merupakan makanan yang terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng. Karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari Oncom Di Jero, atau artinya Oncom Di Dalam.

      (brl/tin)
      https://brilicious.brilio.net/
      • Blogger Comments
      • Facebook Comments

      0 comments:

      Post a Comment

      Item Reviewed: Ternyata ini kepanjangan dari 8 nama makanan khas Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Copas Sanasini
      Scroll to Top